Menu

Cara Melatih Anjing Kampung supaya Pintar. Cobain Deh!

cara melatih anjing kampung supaya pintar

Cara melatih anjing kampung akan terdengar mudah bagi mereka yang sudah terbiasa melakukannya. Anabul-anabul lucu seringkali menambah kehangatan di rumah, bahkan sebagian orang menjadikannya anggota keluarga yang wajib untuk disayang dan dirawat. Kamu punya peliharaan apa di rumah? Kucing, anjing, kelinci, kura-kura atau buaya...? Hahaha...

Jika ada yang punya peliharaan anjing, yuk ngobrol bareng tentang cara melatih mereka agar lebih pintar. Sebagai peliharaan manusia, karakter anjing memang dinilai unik karena sifatnya yang mudah dilatih dalam hal tertentu. Keterbatasan bahasa manusia ke hewan ternyata bukan jadi penghambat bagi interaksi dua makhluk ini. Tak heran kan jika anjing sering tampak memahami perintah dari majikannya?


Interaksi sosial yang baik dari anjing kepada manusia inilah yang lambat laun menjadikan hewan ini dianggap sebagai hewan yang setia, bahkan menjadi sahabat manusia. Tentu saja, ini akan terjadi pada interaksi hubungan yang baik, disaat manusia benar-benar mencurahkan kasih sayangnya kepada anjingnya.

Anjing Kampung dan Karakternya

Di dunia ini ada beragam jenis anjing yang bisa dipilih menjadi hewan peliharaan. Begitu banyak orang mencintai hewan ini karena sifat setia dan kecerdasannya. Diantara anjing-anjing ras yang dinilai lebih ‘cantik’ secara fisik, ada anjing kampung yang cukup banyak ditemui di sekitar kita. Sayangnya, tak banyak orang yang ingin merawatnya lantaran kalah pamor dengan anjing ras. Padahal cara melatihanjing kampung agar lebih pintar bisa dipelajari dan mudah untuk dipraktekkan.


Anjing kampung sendiri biasanya berupa anjing lokal, bisa juga jenis campuran namun ras asal-usulnya sangat sulit dideteksi, apalagi jika ini sudah keturunan bawah. Hehehe... Memiliki silsilah bak benang kusut, anjing kampung sering dikenal sebagai anjing mix atau mix dome yang diantaranya dimanfaatkan manusia untuk berbagai hal. Ada yang bertugas menjaga rumah, peternakan, kebun atau malah sebagai anjing pemburu yang telah dibekali pelatihan khusus.

Bagaimana Cara Melatih Anjing Kampung?

Anjing kampung memiliki kemampuan yang tak kalah hebat dengan anjing ras. Bahkan ada ahli hewan yang mengatakan bahwa anjing kampung yang terlatih ternyata memiliki kelebihan yang jarang ditemui pada anjing ras. Kita bisa melatih anjing kampung untuk berburu, buang air pada tempatnya, menjaga rumah dan sebagainya.

Melatih anjing kampung berburu

Melatih Anjing Kampung Berburu

Cara melatih anjing kampung berburu sebenarnya tidaklah sulit. Hal ini bisa dimulai dengan memberikan perintah-perintah dasar, seperti “duduk”, “diam”, “cari” dan sebagainya. Selanjutnya, latih indra penciuman mereka dengan tes menyembunyikan camilan favoritnya, dan perintahkan dia untuk mencarinya hingga berhasil. Setelah sukses, latih dengan level lebih berat dimana kita meletakkan camilan lebih jauh di beberapa titik sekaligus.   


Nah, langkah selanjutnya, kenalkan juga si anjing kampung dengan hewan buruan, misal babi hutan. Masing-masing masukkan kandang dan biarkan anjing mengenalinya. Langkah terakhir, pertemukan anjing kampung kamu dengan anjing pemburu senior di TKP agar dia belajar secara langsung di lapangan. Gimana, tertarik mencoba?  

Mengajari Anjing Kampung Buang Air   

Untuk melatih anjing kampung agar mau membuang air pada tempatnya sebaiknya lakukan sejak ia masih kecil. Waktu yang tepat untuk mengajarinya membuang kotoran pada tempatnya adalah saat ia mulai berlatih berjalan agar proses penyesuaian berlangsung sedini mungkin.  Selain itu, kita harus pula mengenali tanda-tanda si anjing saat ingin buang air (kebelet pipis atau pup), misalnya mengendus, menggaruk atau badan berputar-putar. Cobain deh, cara melatih anjing kampung untuk buang air ini sudah banyak dipraktekkan dan berhasil.

Melatih Anjing Kampung agar Patuh 

Agar anjing patuh terhadap instruksi, latihlah dari hal-hal dasar yang mudah mereka terima. Sebagai contohnya adalah melatihnya untuk mendekat saat kita panggil dan menjauhi sesuatu saat kita larang (tidak boleh dilakukan). Gunakan kata yang mudah diucapkan, didengar maupun diingat. Misalnya “come” sebagai perintah datang dan “no” untuk perintah larangan. Ini juga bisa diaplikasikan saat hendak mengajari anjing kampung untuk duduk, salaman dan seterusnya.

Cara melatih anjing kampung agar nurut

Nah, ternyata anjing kampung asyik banget ya dijadiin teman untuk bermain, menjaga rumah, bahkan bisa dilatih agar disiplin mendengarkan perintah kita. Tapi jangan lupa, sediakan juga camilan favoritnya agar dia lebih happy dan bersemangat.

Riana Dewie


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan Halaman