Dagadu Djokdja, Pusat Oleh-Oleh Khas Jogja yang Melegenda


Dagadu Djokdja (dok.Dedy Yugo Purwanto)

Oleh-oleh khas Jogja Dagadu - Saya bangga jadi orang Jogja. Selain tetanggaan dengan salah satu keajaiban dunia, candi Borobudur, saya juga senang karena kota ini didatangi jutaan wisatawan setiap waktunya. Tentu saja ini karena Jogja memang kaya akan destinasi wisata yang natural, unik dan bersejarah. Sebut saja Malioboro, Kraton Jogja, Pantai Parangtritis, Kaliurang, Benteng Vredeburg maupun tempat wisata lainnya yang memiliki keunikan tersendiri. Usai keliling Jogja, para wisatawan biasanya ingin beli oleh-oleh khas Jogja untuk dibagikan kepada sanak saudara atau sahabat saat kembali pulang. Saat jajanan sudah memenuhi tas belanjaan, sepertinya masih ada yang kurang jika tanpa buah tangan lainnya yang bisa jadi kenang-kenangan. Kira-kira cari pernak-pernik yang ‘Jogja banget’ tuh dimana ya? Gak usah bingung, DAGADU DJOKDJA tempatnya.

Sebagai orang Jogja yang dulunya tinggal di daerah Ngasem, di mana kawasan ini notabene dijelajahi oleh bule-bule pelancong yang ganteng (ihiiiirr...), gak heran sih kalau saya sering amati mereka tenteng-tenteng tas belanjaan yang didalamnya ada kaos Dagadunya. Ya, seingat saya, sejak saya SD juga sudah kenal dengan produk Dagadu, bahkan memiliki beberapa koleksi kaosnya. Tak disangka, hingga saya dewasa, perusahaan Dagadu ternyata masih eksis bahkan tak pernah lelah untuk menyuguhkan produk oleh-oleh khas Jogja yang selalu kreatif dan inovatif.

Disini Lho Alamat Belanja Oleh-oleh Khas Jogja DAGADU

Beberapa waktu lalu (10/12/16), perusahaan Dagadu melakukan re-branding terhadap logonya yang juga sebagai perwujudan inovasi terhadap produk-produk yang ditawarkan kepada masyarakat. Logo barunya tak jauh beda dengan logo lamanya (gambar mata), hanya saja di logo barunya ini, Dagadu menghilangkan goresan bulu matanya yang lentik sehingga terkesan lebih praktis dan mudah diingat. Acara yang berlangsung sangat meriah ini diadakan di Yogyatorium, gerai resmi Dagadu Djokdja yang menawarkan oleh-oleh khas Jogja dengan kemasan memikat hati, kaya etnik serta dipercantik dengan dekorasi yang sangat njawani.

Yogyatorium, pusat belanja Dagadu Djokdja (sumber : twitter @dagadudjokdja)

Nah, selain di Yogyatorium yang beralamat di Jalan Gedongkuning Selatan No.128, Rejowinangun, Kotagede, ada dua gerai resmi lainnya yang sangat memudahkan Anda untuk bisa belanja pernak-pernik Dagadu sebagai oleh-oleh khas Jogja, yaitu di Posyandu. Eh, jangan salah, ni bukan Posyandu yang melayani kesehatan di desa-desa kita itu, lho. Hehehe.. Posyandu di sini adalah Pos Pelayanan Dagadu yang artinya Anda bisa hunting pernak-pernik Dagadu sepuasnya di tempat ini. Alamatnya di mana ya? Ada dua Posyandu yang bisa Anda kunjungi, yaitu Posyandu di Lower Ground Malioboro Mall (depan Gramedia) serta di Posyandu 2 di Jl. Pekapalan No. 7 Alun-Alun Utara (sebelah Jogja Gallery).

Sebagai bocoran nih, jika di zaman tahun 90-an Dagadu hanya menjual kaos saja, sekarang ada banyak pilihan produk yang bisa kita dapatkan di gerai Dagadu Djokdja lho. Apalagi saat ini jenis kaosnya banyak banget, fashionable serta diproduksi dengan beragam tema/tulisan keren, tentunya yang bernuansa Jogja banget. ‘Malman Skuter’, ‘Smart&Smile&Djokdja’, ‘Djokdja Full Rasa’, ‘Dagadu 94’, ‘Sepeda Silsilah Bapak’ dan ‘Abdi Dalem X Helem’ adalah sebagian kecil koleksi kaos Dagadu Djokdja yang sangat menarik dan diminati banyak orang. Selain kaos pria, Dagadu juga meluncurkan model kaos wanita dengan nama Dagadis, cara pintar Dagadu untuk menarik hati gadis-gadis cantik agar memakai kaos Dagadu yang bakal membuat mereka makin manis. Hehe...


Tak ketinggalan, koleksi kaos anak juga melengkapi produk Dagadu yang tentunya digemari oleh anak-anak zaman sekarang. Dagadu Bocah, koleksi kaos Dagadu yang akan memanjakan anak-anak Anda agar tampik kece saat diajak jalan-jalan. Hehehe.. Beberapa tema koleksi kaos Dagadu Bocah adalah ‘Bintang Kecil’, ‘Yuyu Kangkang’, ‘Tugu Keajaiban Jogja’ dan ‘Angkryngan’. Produk lainnya yang tak kalah seru dan mengandung nilai histori tinggi adalah Oblongpedia, produk Dagadu yang menceritakan sejarah tentang suatu tokoh, dimana diskripsinya juga tertuang di bagian depan kaos, diantaranya tema ‘Srikandi’, ‘Anoman’, ‘Bimo’ dan tokoh menarik lainnya. Selain kaos, pernak-pernik Dagadu lainnya seperti sandal jepit, gantungan kunci atau tas slempang juga bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

 Nah, sekarang gak bingung lagi kan cari oleh-oleh khas Jogja yang unik, menarik dan pantas untuk dibagikan ke orang-orang yang Anda sayangi?

Kaos Dagadu Djokdja yang asli, saat re-branding logo Dagadu beberapa waktu lalu (dok.Dedy Yugo Purwanto)

Tapi awas, jangan sampai Anda membeli produk Dagadu palsu ya karena dipastikan Anda bakal kecewa karena kualitasnya jauh berbeda. Pokoknya Anda aman jika belinya di tiga gerai resmi Dagadu Djokdja tadi, yang terbukti sukses melegenda. Atau, Anda juga bisa belanja online dengan pesan produk di www.dagadu.co.id. Oh ya, untuk harganya gimana? Walah, gak usah khawatir, Anda bisa bawa pulang koleksi Dagadu Djokdja mulai dari Rp. 9.000,- saja lho. Wihhhh, murah meriah ya, pantas saja banyak wisatawan domestik maupun asing yang doyan jajan oleh-oleh khas Jogja di sini :D

“Mbak, aku pingin ke Semarang nih. Kapan kamu libur?”, tanya saya kepada sepupu di Semarang. “Tiap hari aku rela libur kerja kok, asal kamu bawain kaos Dagadu..”, jawabnya sambil nyengir tapi mupengnya serius.


Riana Dewie


10 comments:

  1. seru ya mbak, dagadu sekarang punya warna baru hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cieee, blogwaklin terus, biar cepet dapat pengunjung ya :D

      Delete
    2. @Agi Pranoto : hihi iya... ga nyangka sih, bisa makin eksis n keren ginih :D

      Delete
  2. Baru tauuu sekarang Dagadu udah keren giniii. Iiih asik kebeneran aku mau ke Yogya, kesini aaah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak @sandra Buana, hihi iyaa. ayo gih mampir, borong banyak jgn smpe kehabisan :D

      Delete
  3. Dagadu ini dulu ngehits banget pas jaman aku SD-SMP, sekarang main bagus ya desain dan logonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bener mbak @aprilia.. emg keren. weleh, berarti kita seumuran yah. hihi :D

      Delete
  4. Dagadu sekarang keren bgt.. auditorium ya jg megah bgt.. kmrn jg habis launching produk baru lainnya ya DGD...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mas Tomi.... Dagadu hobi banget loncing produk2 baru ya :D

      Delete

Yuuukk, komentar disini :)