Ilustrasi Sakit Anyang-anyangan saat di Kantor (sumber)

Hari itu saya mulai gelisah dalam bekerja. Saat sibuk di depan komputer, tiba-tiba ada perasaan pingin pipis yang menggebu. Lari ke kamar mandi, urine yang keluar juga tak banyak. Serasa ada yang mengerem, saya merasa ketidakpuasan setiap kali buang air kecil. Ah, anyang-anyangan nih pasti, pikir saya. Sudah kerjaan menumpuk, masih dibebani dengan sakit yang sebenarnya sepele tapi menyebalkan juga kalau diingat-ingat. Kembali ke meja kerja, selang berapa menit muncul perasaan sama. Hadeh, saya sudah mulai emosi. Jantung berdebar tak karuan, wajah cemberut, badan lemah apalagi saat buang air kecil itu... sakitnya minta ampun.  “Oh, mbak ini sakit Infeksi Saluran Kemih. Banyak istirahat dan harus bedrest 3 hari yaaa...,” Ucap Dr. Yuliana, dokter langganan saya di Jogja usai memeriksa saya di kliniknya.

Ya, sekitar tahun 2012, saya didiagnosa dokter menderita penyakit Infeksi Saluran Kemih atas gejala-gejala yang saya rasakan pada saat itu. Infeksi Saluran Kemih adalah peradangan yang terjadi pada kandung kemih yang disebabkan oleh bakteri E Coli, Enterococcus faecalis, Enterobacteriaceae, Bakteri ragi, Proteus species, Klebsiella species serta Staphylococcus saprophyticus. Menderita penyakit ini membuat saya merasa ketakutan luar biasa karena kandung kemih terasa sulit dan sakit untuk mengeluarkan urine walaupun sudah dipaksakan (mengejan agar urine keluar).

Dari banyak referensi yang saya baca, penyakit Infeksi Saluran Kemih memang banyak diderita oleh kaum wanita, sekalipun pria juga bisa mengalaminya. Lho kok gitu? Karena saluran uretra (saluran pembawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh) pada wanita lebih pendek apalagi mulut uretra wanita terletak sangat dekat dengan anus. Nah, jika infeksi ini terjadi pada pria, seringkali justru lebih parah lho karena endingnya dapat menyebabkan infeksi prostat, pembengkakan prostat atau terjadi tumor karena penyumbatan saluran kandung kemih. Oleh karenanya, baik pria ataupun wanita diharapkan dapat menjaga kesehatan saluran kemih agar terhindar dari penyakit ini.

Ilustrasi Infeksi Saluran Kemih (sumber)


Gejala yang Saya Rasakan Saat Menderita Infeksi Saluran Kemih

Awalnya saya tak menyadari bahwa penyakit ini harus segera diatasi. Saya cuek saja, saya pikir ini masalah ringan yang nantinya akan sembuh sendiri. Eh, bukannya membaik justru keadaan saya makin parah. Nah, berikut gejala-gejala awal yang saya rasakan saat itu :

1. Badan terasa lemas dan demam
Nah, awalnya saya merasakan gejala ini. Tapi saya pikir ini hanyalah gejala ringan karena capek beraktivitas. Makan pun rasanya tak enak, memang tak seperti biasanya.

2. Urine tak banyak keluar
Mungkin ini yang sering disebut orang dengan anyang-anyangan. Rasanya tak pernah puas jika buang air kecil karena urine yang keluar sangatlah sedikit, bahkan kadang hanya beberapa tetes. Di sisi lain, perasaan kebeletnya itu sangat sering sehingga saya justru merasa tersiksa dengan kondisi ini. Walau begitu, saat itu saya masih berusaha cuek dengan gejala ini. Masih bersabar walau harus bolak-balik kamar mandi kantor dari pagi hingga sore hari.

3. Perut bagian bawah dan punggung bawah terasa nyeri
Gejala ini mulai menganggu aktivitas saya. Saya mulai merintih kesakitan saat rasa nyeri muncul di sekitar perut bagian bawah ataupun punggung. Seperti ada sesuatu yang mengganjal di dalamnya, aktivitas saya mulai lemah dan bekerja pun tak bisa konsentrasi karena rasa sakitnya kambuhan. Kadang sangat terasa, kadang tidak.

4. Sakit buang air kecil, ada rasa panas/menyengat
Nah, saya mulai memasuki garis merah, kondisi dimana saya merasakan kesakitan yang luar biasa. Saat buang air kecil, saya mulai ketakutan karena urine terasa panas, seperti air mendidih yang keluar dari saluran kemih. Apalagi warna urine juga tak seperti biasa, tampak lebih gelap dan aroma menyengat. Bisa bayangin kan betapa tersiksanya saya saat itu?


Solusi yang Dianjurkan Dokter Hingga Saya Sembuh dari Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Aktivitas saya tentu lumpuh seketika. Atas saran Dokter, saya mengirimkan surat izin untuk tidak masuk kantor agar bisa beristirahat di rumah selama beberapa hari. Sebelum pulang dari klinik, saya diberi beberapa obat yang harus diminum selama masa penyembuhan tersebut.
Beberapa anjuran dokter untuk penyembuhan penyakit Infeksi Saluran Kemih yang saya derita saat itu adalah :

1. Konsumsi Antibiotik dan obat-obatan pengurang rasa sakit
Dokter mengatakan bahwa penyakit yang saya derita ini belum terlalu parah karena sudah ditangani sejak dini. Bersyukur karena saya tak mengeluarkan darah saat buang air kecil dan dokter juga mengatakan jika bakteri sudah menyebar ke ginjal, penyakit akan makin kronis dan penanganan akan semakin sulit. Untungnya di saya yang masih gejala awal sehingga hanya dianjurkan untuk minum antibiotik dan obat-obat lainnya untuk mempercepat proses penyembuhan.

2. Banyak Minum Air Putih
Ini juga dianjurkan dokter untuk memancing produksi urine yang semakin normal bersamaan dengan proses penyembuhan dengan obat antibiotik. Selain itu, minum banyak air putih akan membuat kandung kemih terisi penuh sehingga memicu keinginan untuk terus-menerus buang air kecil. Semakin sering buang air kecil, bakteri di dalam saluran kemih juga akan sulit berkembang biak. Hasilnya, saluran kemih akan sehat dan lancar.

3. Jangan Duduk Terlalu Lama Saat Kerja
Nah, saat awal dokter mendiagnosa penyakit ini, ia bertanya tentang bidang pekerjaan saya. Saya pun menjawab bahwa pekerjaan saya adalah sebagai staff IT yang betah banget untuk duduk di depan layar komputer. Dokter mengatakan bahwa ini sebagai salah satu pemicunya. Oleh karenanya, jika besok sudah beraktivitas kembali, disarankan saya bisa beranjak dari kursi setiap 20 menit sekali, manfaatkan untuk berjalan sebentar lalu duduk lagi. Terapi ini dapat meminimalkan risiko anyang-anyangan bahkan mencegah penyakit Infeksi Saluran Kemih kambuh kembali.

4. Gunakan Pakaian Dalam dari Katun dan Hindari Pemakaian Celana Jeans Ketat
Mengapa dokter menyarankan ini? Karena pakaian dalam katun mudah menyerap air atau keringat sehingga membuat area saluran kemih ataupun anus selalu kering. Begitu pun dengan penggunaan celana jeans, dianjurkan agar tak memakai yang terlalu ketat karena dapat memicu kondisi lembab di area dalam sehingga akhirnya menyebabkan bakteri cepat berkembang biak, disamping tumbuhnya jamur yang mengganggu. Terutama untuk wanita yang menderita penyakit ini juga disarankan untuk mengelap daerah kewanitaan dengan tissue kering usai buang air kecil dari arah depan ke belakang.

5. Konsumsi makanan Sehat
Dokter saya juga menganjurkan agar saya bisa mengkonsumi makanan sehat untuk melancarkan proses penyembuhan. Untuk sementara, pada saat itu saya dilarang mengkonsumsi makanan pedas dan kopi karena dapat memperparah penyakit. Dokter menyarankan agar saya mengkonsumi sayur-sayur hijau dan bahan makanan yang mudah dicerna.

Usai beristirahat 3 hari di rumah, akhirnya saya mulai beraktivitas kantoran kembali. Sesungguhnya 3 hari bukanlah waktu yang cukup untuk menyembuhkan sakit ini namun saya bersyukur karena walaupun pelan-pelan, kondisi saya membaik. Setelah 7 hari, barulah saya merasa lebih pulih dan bebas dari rasa nyeri saat buang air kecil.



Dulu saat menderita penyakit ini, saya kebingungan dan harus periksa ke dokter karena tak tahu solusi lain yang dapat menyembuhkan sakit ini dengan tuntas. Tapi, sekarang tak perlu khawatir lagi jika Anda atau orang-orang yang Anda kasihi menderita penyakit anyang-anyangan bahkan Infeksi Saluran Kemih karena di zaman yang makin modern ini telah hadir sebuah solusi alami yang akan mengatasi berbagai penyakit ini dengan tuntas, yaitu Prive Uri-cran.

Apa itu Prive Uri-Cran?
Prive Uri-Cran adalah solusi alami untuk mencegah dan mengatasi anyang-anyangan serta menjaga kesehatan infeksi saluran kemih.

Alami? Memang Prive Uri-Cran Terbuat dari Bahan apa?
Ya, Prive Uri-Cran terbuat dari buah segar dan cantik berwarna merah menggoda, yaitu Cranberry. Sejak jaman ratusan bahkan ribuan tahun lalu, Cranberry memang terbukti memiliki banyak khasiat bagi manusia, yaitu untuk penyembuhan berbagai macam penyakit, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan serta sebagai antioksidan. Semakin berkembang, ekstrak buah ini kini dijadikan sebagai bahan produk kecantikan serta perawatan kesehatan saluran kemih. Buah mungil ini ternyata juga sudah lolos 4 uji klinis karena terbukti menghambat infeksi bakteri E.coli dan bakteri-bakteri jahat lainnya pada saluran kemih.
Buah Cranberries Memiliki Banyak Manfaat (sumber)
Oleh karenanya, tak heran jika pada bulan April 2004, lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA, mengizinkan penggunaan jus buah cranberry sebagai antibakteri untuk kesehatan saluran kemih. Nah, untuk mengatasi sakit anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih, hadirlah kini Prive Uri-Cran yang mengandung buah Cranberry yang dapat Anda minum secara praktis.

Ada Berapa Macam Produk Prive Uri-Cran?

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, produk ini memiliki 2 varian yang memiliki khasiat sama, yaitu :
1. Prive Uri-cran (dalam bentuk kapsul)
Prive Uri-Cran (sumber)
Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry
Bentuk : Kapsul
Dosis: 1-2 Kapsul / Hari
Isi per Box: 30 Kapsul / Box

2. Prive Uri-cran plus (dalam bentuk sachet bubuk)
Prive Uri-Cran Plus (sumber)
Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus,
0.1 mg Bifidobacterium bifidum.
Bentuk : Powder Sachet
Dosis: 1-2 Sachet / Hari
Isi per Box: 15 Sachet / Box

***
Demikian pengalaman saya saat terpaksa harus menikmati sakitnya Infeksi Saluran Kemih beberapa tahun yang lalu. Ada hikmah yang saya petik dari pengalaman ini, yaitu sehat memang mahal harganya. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit anyang-anyangan ataupun ingin sembuh dari Infeksi Saluran Kemih, jaga pola hidup dan kesehatan saluran kemih agar bebas dari bakteri jahat. Kemarin kerabat saya juga ada yang sakit anyang-anyangan, karena takut kena Infeksi Saluran Kemih juga, dia langsung berobat ke dokter. Ujung-ujungnya, pak dokternya juga menyarankan agar ia minum Prive Uri-Cran untuk menyembuhkan sakitnya.

Nah, ini buat pembelajaran bersama, jika terpaksanya Anda atau keluarga Anda ada yang menderita penyakit ini namun masih di level ringan, Anda tak perlu ke dokter. Minum saja Prive Uri-Cran untuk mengatasinya karena dijamin sehat dan aman. Saya bilang aman karena memang terbuat dari bahan alami sehingga tak ada efek samping bagi siapapun yang meminumnya. Yakin deh, Anda dan seluruh keluarga akan terhindar dari sakit buang air kecil karena anyang-anyangan ataupun Infeksi Saluran Kemih. Produk ini bisa dikonsumsi oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Jangan lupa, biar nyaman minumnya, baca aturan pakainya ya :)

Salam Sehat Untuk Anda dan Keluarga Tercinta
Riana Dewie


Sumber Referensi :
www.mypriveworld.com
Pengalaman Pribadi


Ponsel, sebuah teknologi yang membuat dunia saya lebih dinamis. Tanpa ponsel tuh ibarat saya hidup di hutan, sepi dan sendiri. Hihihi lebay. Nah, salah satu pemanis ponsel yang saya banget itu adalah fitur kameranya.  Gak usah dipungkiri deh, siapa sih yang hari gini tak hoby jeprat-jepret dengan kamera di ponsel? Apalagi zaman sekarang, kamera depan ponsel adalah alasan utama kenapa tiap orang bisa bebas berselfie dengan berbagai gaya, termasuk saya :)

Saya termasuk satu orang yang paling berbahagia ketika membawa ponsel berkamera. Saat jalan-jalan ke tempat wisata, saya happy bisa selfie dengan background panorama indah laut biru. Saat berada di mall, bisa selfie dengan produk-produk sepatu favorit yang modelnya, alamakkkk, pingin diangkut ke rumah semua itu adalah sebuah kebanggaan tersendiri. hehehe... Saat berkumpul bersama keluarga, saya juga bisa berbagi kehangatan dengan foto bersama yang kelak kan abadi sebagai moment terindah.

Tak dapat dipungkiri, kamera ponsel sungguh memberikan kontribusi yang luar biasa bagi aktivitas setiap orang, termasuk saya. Dimulai dari keprihatinan memiliki ponsel sederhana sekitar 14 tahun lalu, muncullah bibit-bibit teknologi kamera ponsel yang membuat saya tertarik memilikinya. Dulu saat ingin selfie susahnya setengah mati karena ponsel kamera hanya memiliki fitur kamera belakang. Nah, sekarang lain cerita, saya tak perlu meraba-raba posisi seperti beberapa tahun lalu karena fitur kamera depan sudah bisa dinikmati di hampir seluruh smartphone yang beredar di pasaran. Makin puas saat selfie pake kamera depan karena kini hasil jepretannya memang luar biasa, bisa bening banget, sebening hatiku. Hihihi...

Saat Saya Selfie Bersama Ibu (Dok.Pri)
Tahu kan, saat ini sudah banyak aplikasi pemoles wajah yang bisa dipasang di smartphone agar menghasilkan foto yang aduhai, cantik dan bening, beda dengan aslinya. Hihihi, ketampar deh ane.... Kamera di ponsel yang pada awalnya hanya dimanfaatkan untuk jeprat jepret iseng, lambat laun memiliki fungsi yang lebih dari itu. Masalahnya, banyak orang yang punya ponsel tapi tak semua memanfaatkan kamera yang ada di ponsel mereka.

Duh dek, ponsel mahal-mahal cuma buat SMS dan telepon doank? Sayang dong. Tapi ya mau gimana lagi, beberapa orang memang berkarakter cuek dengan ponsel mereka. Ada yang punya ponsel berkamera hanya sebagai gaya-gayaan, ada yang memang menjadi kebutuhan, seperti saya atau mungkin ada yang memang tak tahu fitur canggih lainnya selain untuk telepon dan SMS. Bagi saya pribadi, kamera ponsel itu manfaatnya banyak banget lho. Mau tahu apa saja itu? Berikut cara saya memanfaatkan ponsel berkamera yang membuat hari-hari saya makin berwarna :

1. Kamera Ponsel itu.... Salah Satu Alat Perang untuk Membuat Reportase
Menurut saya, kamera ponsel adalah pahlawan bagi blogger. Kenapa? Karena tanpa harus punya kamera mahal (misalnya kamera pocket atau DSLR), saya sudah bisa jeprat-jepret sesuka hati untuk mengambil objek sesuai kebutuhan. Nah, seorang blogger seperti saya tentunya butuh media pengambil gambar yang ringan, praktis dan tak menuh-menuhin tas. Jadi, apa solusinya? Kamera ponsel jawabannya. Bagaimana dengan kualitas gambarnya? Hei... bangunnn... Hari gini masih tanyain kualitas kamera di ponsel? Gak lihat tuh, di toko ponsel sudah terpampang banyak pilihan ponsel dengan kamera yang mumpuni tapi harganya masih terjangkau lho. Pilih saja sesuai kebutuhan :)

Tak perlu alasan panjang lebar, menurut saya kamera ponsel adalah salah satu alasan mengapa artikel review atau reportase saya bisa terpublish dan dibaca orang. Mudah banget lah, saya tinggal ambil ponsel di tas, cari aplikasi kamera, jepret objek sesuai kebutuhan, masukkan di artikel lalu posting. Simple kan?


2. Kamera Ponsel itu.... Cara Saya Bisa Selfie Bareng Artis
Gak lucu ya saat saya ketemu tokoh idola lalu ribet cari kamera DSLR untuk selfie cantik. Siang itu di Garden By The Bay, Singapura, sempat saya nikmati indahnya bunga-bunga yang tampak makin berwarna saat ditemani Paula Verhoeven, foto model cantik asal Indonesia yang tingginya, alamak, hampir menyamai tiang listrik mungkin ya. Teman-teman lain mah pada asyik selfie sendiri jadi ya mau gak mau saya harus usaha agar bisa berfoto bareng wanita berparas cantik ini, mumpung ada di sebelah saya.
Wefie saya bersama Paula Verhoeven (Dok.Pri)
Ponsel yang sudah ada di genggaman langsung saya buka, pilih menu kamera lalu ajakin si cantik selfie. Awalnya sih agak ragu, secara wajah kucel pucet gegara koper masih terbang ke negeri orang membuat pikiran kacau balau lah. Dan ngaruhlah dihasilnya, ampunn... bagai bumi dan langit. Tapi sudahlah, saya bahagia bisa foto bareng mbak artis yang super cantik ini. Lagi-lagi, saya berikan applause untuk kamera di ponsel saya. Hebat sih dia, gara-gara dia saya bisa pamer foto beken ini kan? :p


3. Kamera Ponsel itu.... Pengganti Kaca Dandan Saat Alat Make Up Ketinggalan di Rumah
Bagi saya, dandan bukanlah yang utama karena nyatanya wajah tak selalu terpoles make up. Dandan hanyalah salah satu aktivitas yang saya lakukan ketika mood, kecuali memakai bedak, ini baru kewajiban. Bedak two way cake di kotak putih itu selalu ikut kemana pun saya pergi. Sebal itu saat saya mau poles wajah berminyak dengan sentuhan bedak tapi bedaknya ketinggalan di rumah. Untung ada bedak baby yang selalu ada di rak kerja saya.

Nah, gimana dong jika peralatan dandan ketinggalan dan terpaksanya tak ada kaca untuk dandan? Jangan khawatir, kamera ponsel pun jadi. Nah, cara pakainya? Hihihi gampang banget. Yuk buka aplikasi kamera di ponsel kamu, lalu setting kamera depan untuk pengambilan gambarnya atau seperti posisi saat akan selfie. Nah, keliatan kan wajah kamu? Yess, silahkan dandan sesuai selera sambil melihat ke layar ponsel ya biar pas bedakan gak belepotan. Hihihi, multi fungsi kan?


4. Kamera Ponsel Itu.... Media untuk Membuat Meme Lucu
Meme Lucu Hasil Jepretan Kamera Ponsel - Foto Sepupu Saya (Karya Pribadi)
Perkembangan teknologi saat ini memudahkan semua orang untuk melakukan segala sesuatu yang berhubungan dengan fotografi, diantaranya membuat meme, yaitu kolaborasi gambar dan tulisan yang memberikan efek lucu bagi yang melihat.

Dulu saya suka banget buat meme dari sebuah aplikasi di Android. Gimana caranya sih? Mudah banget. Pertama, jepret objek yang menurut kamu menarik atau lucu dari kamera ponselmu. Lalu, masukkan foto itu ke aplikasi pembuat meme (ada banyak aplikasi yang bisa dipilih). Tambah tulisan sesuai selera dan taraaaa.. jadi deh. Meme buatan kamu siap dipublikasikan ke khalayak ramai. Tapi hati-hati lho, kalau orangnya yang jadi aktor meme marah-marah, risiko tanggung sendiri ya. Hihihi....


5. Kamera Ponsel itu.... Modal untuk Tebar Kehangatan Bersama yang Terkasih
Wefie Bersama Keluarga Tercinta dengan Kamera Ponsel (Dok.Pri)
Siapa yang suka selfie menggunakan kamera ponsel dengan aplikasi yang membuat wajah makin kinclong? Hihihi gak perlu ditutupi, semua juga suka kali kalau hasil jepretannya sempurna. Kalau pake kamera pocket/DSLR berarti hasilnya gimana? Bagus, bagus banget malahan. Tapi alasan utama kenapa banyak orang lebih pilih pake kamera ponsel adalah karena lebih praktis digenggam, hasilnya bisa langsung diedit trus upload ke sosmed deh. Fleksibel.

Nah, ini seperti pengalaman saya yang selalu ingin berbagi kehangatan bersama keluarga tercinta. Saat wisuda adik saya ataupun saat kami menikmati makan malam di resto, saya juga asyik jeprat jepret dengan kamera di ponsel karena memang lebih praktis dan cepat. Hasilnya pun tak mengecewakan. Asal cahaya cukup dan objek tak bergerak, apalagi ditambah pose menawan, dipastikan deh hasil fotonya cetar membahana. hihihi.... Moment kebahagiaan bersama keluarga memang sungguh terasa walau hanya dengan sentuhan kamera di ponsel yang sederhana.


Recommended, Kamera Ponsel ini Bagus Banget Lho Buat Selfie....

Ponsel ASUS Zenfone 5 sudah 2 tahun Menemani Aktivitas Suami (Dok.Pri)
Nah, itulah pengalaman saya bersama kamera ponsel yang tak selalu jauh dari genggaman. Ah, dari tadi yang diomongin kameranya terus ya. Kapan ngomong ponselnya? Hihihi.. Oh ya, lupa. Sedikit cerita nih, kebetulan sekitar 2 tahun lalu suami ngebet banget tuh pingin beli ponsel ASUS Zenfone 5 yang konon katanya sih kualitas ponselnya bagus, kamera bening, awet... seperti harapan lah pokoknya. Saat itu jika dibandingkan dengan merk-merk lainnya, harganya emang jauhh banget, ASUS Zenfone lebih murah tentunya padahal dari segi performa maupun spesifikasinya sama dengan ponsel yang lebih mahal.

Saat ponselnya sampai di rumah, desainnya memang tampak oke banget, elegant dan penuh warna pilihan yang mengundang selera. Kebetulan suami pilih warna merah hitam yang membuatnya semakin pede saat dipamerin ke teman-temannya. Waktu saya coba buat selfie, wow hasilnya memang tak mengecewakan. Fotonya bening, tak pecah dan saat dicetak besar juga bagus. Sejak itu saya tersadar bahwa ponsel berteknologi tinggi ternyata tak harus dibayar dengan harga mahal. ASUS Zenfone ini buktinya. Tak lama setelahnya, sepupu-sepupu saya lainnya akhirnya banyak yang ikut-ikutan menggenggam ponsel Asus untuk meningkatkan eksistensi mereka, terutama di jagat sosial media. hihihi....

Selfie Gila-gilaan Bersama Suami dengan Kamera Ponsel (Dok.Pri)

Nah, itulah cerita saya dan ponsel kamera yang selalu membuat hari-hari saya makin berwarna. Tak ada yang lebih indah dari kebahagiaan bersama orang-orang tercinta. Bahagia saya adalah saat-saat saya bisa memotret kenangan manis dengan hasil jepretan penuh senyum, canda dan harapan. 

Giveaway Aku dan Kamera Ponsel by uniekkaswarganti.com


Riana Dewie