Menu

Manfaat Belajar Online untuk Anak Sekolah

Manfaat Belajar Online

Manfaat belajar online sudah kita rasakan semenjak kita mengalami krisis besar manusia modern beberapa waktu terakhir ini. Ya, Pandemi COVID-19 memang menjadi tantangan besar bagi banyak orang. Tak terkecuali untuk aspek pendidikan yang memang membutuhkan perhatian besar.


Beberapa waktu lalu, kebijakan physical distancing menjadi dasar pelaksanaan belajar dari rumah. Anak sekolah, mulai dari tingkat bawah hingga anak kuliahan melaksanakan proses belajar dari rumah dengan beberapa arahan dari sang pembimbing (guru atau dosen).

Bagaimana Tanggapan Masyarakat tentang Belajar Online?

Pada awal sistem ini diberlakukan, tentu saja banyak pihak merasa kaget karena belum terbiasa dengan belajar online. Pemanfaatan teknologi untuk belajar memang menjadi hal baru, apalagi ini saat awal pandemi COVID-19 diberlakukan secara tiba-tiba.


Saya sendiri juga termasuk terdampak dalam hal rutinitas sehari-hari. Saya terpaksa harus menghentikan hampir semua aktivitas, bahkan beberapa proyek yang menjadi sumber rejeki terpaksa berhenti di tengah jalan.  


Namun di sisi lain, ada hal baik yang saya rasakan, yaitu memiliki quality time bersama keluarga. Diberi kesempatan untuk beristirahat dan bernafas menikmati hidup, walau di sisi lain rasa khawatir semakin bergejolak karena krisis kesehatan yang cukup tinggi saat itu.

Sulitkah Mendorong Anak untuk Belajar dari Rumah?

Mencoba untuk menghibur diri, saya menyibukkan diri dengan melakukan berbagai aktivitas yang saya suka. Diantaranya adalah menulis, memproduksi konten video memasak juga membimbing keponakan untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya.


Ya, kewajiban belajar dari rumah ini memang sempat menjadi kontroversi. Banyak orang tua merasa sedikit kewalahan saat buah hatinya sulit untuk diatur saat belajar dari rumah. Hampir setiap hari belajar bersama, bukannya mendapat pencerahan tapi justru menjadi ajang untuk “perang” karena banyak anak yang bandel. Hahaha....


Sama, keponakan saya pun demikian. Saya bahkan sampai pusing untuk mendorongnya agar mengerjakan tugas guru tepat waktu. Walau begitu, saya sungguh menyadari bahwa anak juga butuh penyesuaian, tidak secara instan menerima perubahan secara tiba-tiba.


Apalagi selama ini manfaat internet hanya digunakan untuk nge-game, bukan untuk mengakses platform belajar maupun berkoordinasi dengan guru-guru terkait tugas yang harus dikerjakan di rumah.

Saya Memanfaatkan Jaringan Internet IndiHome dari Telkom Indonesia

Nah, saatnya mengintip apa saja manfaat dari belajar online. Belajar online atau (e-learning) adalah salah satu metode proses belajar mengajar dengan menggunakan internet dan perangkat teknologi digital untuk transfer ilmu atau informasinya.


Sistem ini dianggap efektif karena anak tetap mendapatkan ilmu walau tak bertatap muka. Tapi ada satu hal yang harus selalu siap, yaitu jaringan internet yang bagus di rumah. Tanpa itu, tentu saja proses belajar akan sangat terhambat.


Nah, kebetulan di rumah saya mempercayakannya kepada IndiHome karena terbukti memfasilitasi jaringan internet yang bagus dan tanpa hambatan. Apalagi dapat melindungi dari virus digital, tentu ini akan buat data atau file kita lebih aman.

Belajar Online di Rumah, Apa Sih Manfaatnya?

Berikut beberapa manfaat positif dari belajar online selama masa pandemi ini.

1. Fleksibel dan Mudah Diakses

Nah, salah satu keuntungan belajar online di rumah adalah bisa belajar dari media seperti komputer, laptop bahkan smartphone asalkan terhubung dengan jaringan internet. Anak pun bisa mengakses dari mana saja, misal kamar tidur, ruang tamu, dapur, teras dsb. Belajar jadi lebih nyaman kan?

2. Hemat Biaya

Keunggulan lain dari belajar di rumah adalah bisa menghemat biaya. Kok bisa? Iya dong, kan modal untuk belajar online adalah menyediakan akses atau jaringan internet saja. Jadi tak perlu mengeluarkan biaya transportasi, biaya makan, atau keperluan lainnya.

Tentu saja saya merasa hemat juga karena layanan IndiHome dari Telkom Indonesia ini bisa dibilang murah untuk tagihan bulanannya. Jadi, sangat membantu meringankan pengeluaran bulanan kan?  

3. Melek Teknologi

Belajar dari rumah juga memaksa anak dan orang tua untuk lebih melek teknologi. Ya, mau tak mau kita didorong untuk memanfaatkan teknologi dengan maksimal untuk beberapa aktivitas, seperti mendownload, mengupload, mengedit video, mengikuti zoom meeting dsb. Ini namanya belajar teknologi dengan cara mengasyikkan :)

Manfaat belajar online - belajar menjadi lebih menyenangkan

4. Tanpa Ada Batasan Waktu

Keuntungan lain dari belajar online adalah bisa dilaksanakan kapan saja tanpa ada batasan waktu. Oleh karena itu, ini bisa dilakukan secara fleksibel dan bisa disesuaikan dengan jadwal kegiatan kita yang lainnya. Durasi belajar pun bisa lebih pendek dibanding saat belajar dengan sistem tatap muka.

5. Belajar Lebih Menyenangkan

Sensasi belajar yang baru akan dirasakan oleh anak, yaitu proses belajar yang menyenangkan karena bisa berdekatan dengan mama papanya di rumah. Dengan tetap mengenakan seragam namun belajarnya secara virtual akan menjadi pengalaman menarik yang akan terkenang sepanjang waktu.

***

Itulah pengalaman saya menemani keponakan belajar online dari rumah dengan menggunakan teknologi. Jaringan internet yang lancar dari IndiHome cukup membantu menyelesaikan semua tugas sekolah tepat waktu. Ini pengalaman saya, mana pengalaman kamu? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan Halaman