Menu

Tips Menginap di Hotel Selama Pandemi agar Aman dan Nyaman

Tips Menginap di Hotel Selama Pandemi

Tips menginap di hotel selama pandemi agar aman dan nyaman. Ya, sudah setahun lebih kita merasakan kondisi yang serba sulit karena mewabahnya virus Covid-19. Tak ada yang pernah menduga bahwa efeknya akan semengerikan ini. Tak hanya darurat kesehatan dan ekonomi, sektor wisata pun ikut-ikutan tumbang. Tak heran jika protokol kesehatan terus digalakkan, tak terkecuali saat hendak menginap di hotel.


Jika sebelumnya hotel menjadi tempat asyik untuk liburan, beberapa waktu terakhir justru terasa rumit karena aturan protokol kesehatan yang ketat. Apalagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah menyusun protokol kesehatan saat menginap di hotel.


Tentu, ini dibuat demi kebaikan dua belah pihak, yaitu hotel dan tamu, baik yang datangnya dari kota maupun tamu yang staycation sekadar melepas penat.

Manfaat Menginap di Hotel

Saat berlibur maupun perjalanan bisnis, tentunya menginap di hotel tak pernah terlewatkan dari list perjalanan. Ataupun kamu yang ingin mencari suasana baru namun tak ingin pergi jauh-jauh dari rumah, boleh banget staycation di hotel pilihan.


Nah, hotel sendiri bisa dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat maupun stres. Di tempat ini,. kamu bisa menjauhkan diri dari ruwetnya pekerjaan yang rutin menguras pikiran kamu. Tak hanya itu, suasana kamar hotel yang bersih juga desain yang berbeda dengan kamar tidur di rumah tentu bisa membuat kamu makin rileks.


View indah dari dalam hotel atau sarapan dengan menu-menu favorit bakal semakin menambah asyik “me time” kamu.

Amankah Menginap di Hotel Saat Pandemi Corona ?

Karena sektor pariwisata mulai terdengar lagi gaungnya, hotel-hotel mulai ramai didatangi tamu dari berbagai penjuru. Tapi, karena pandemi belum reda, tentu seluruh pihak yang terkait dengan itu harus mematuhi protokol kesehatan.


Para pemandu wisata, pengelola destinasi wisata, manajemen hotel maupun wisatawan itu sendiri harus kompak menerapkan protokol kesehatan agar aktivitas liburan tetap berjalan dengan aman dan nyaman. Tips menginap di hotel selama pandemi agar aman dan nyaman ini semoga bisa membantu.   


Nah, hal utama yang harus kamu persiapkan untuk menginap ke hotel, terlebih luar kota, kamu wajib menjalani tes rapid atau swab PCR atau tes GeNose untuk memastikan bahwa hasilnya negatif. Artinya, kamu sedang dalam kondisi sehat dan siap untuk melakukan melakukan perjalanan jauh, tak terkecuali memenuhi syarat untuk menginap di hotel.


Jangan lupa juga, persiapkan alat “perang” kamu saat hendak melakukan perjalanan, yaitu menggunakan masker, membawa hand sanitizer, jaga jarak dengan orang lain, hindari besentuhan fisik dengan orang lain, dsb. Dengan menerapkan ini secara disiplin, liburan kamu bakal lebih aman.

Prosedur Menginap di Hotel Saat Pandemi Corona

Untuk menambah kenyamanan liburan, perjalanan bisnis atau staycation kamu, berikut ada beberapa tips menginap di hotel selama pandemi yang harus kamu persiapkan.

1. Pilih Tujuan Hotel di Area Zona Hijau

Destinasi wisata atau hotel yang kamu tuju harus jelas di awal sehingga kamu bisa memastikan bahwa area tersebut zona hijau Covid-19. Walau begitu, protokol kesehatan tetap wajib kamu terapkan ya, karena zona hijau pun tak menjamin kamu terbebas dari virus ini karena tamu bisa datang dari berbagai tempat.

2. Mintalah Kamar yang Dikosongkan Minimal 5 Hari

Nah, walau tampak sepele, tips ini bisa kamu jadikan dasar untuk menginap di hotel. Mintalah kepada resepsionis untuk menyiapkan kamar yang dikosongkan minimal 5 hari untuk menghindari penyebaran virus covid-19. Meminimalkan risiko itu lebih baik kan?

3. Saat Masuk kamar, Bersihkan Perabot Kamar

Selanjutnya, saat memasuki kamar, mulailah membersihkan secara mandiri bagian-bagian yang berpotensi disentuh oleh tangan. Mulai dari gagang pintu, gagang telepon, jendela, meja dan kursi, remot AC maupun televisi, saklar lampu dan sebagainya. Tissue dan hand sanitizer bisa menjadi media untuk membersihkan perabot secara darurat.

4. Buka Jendela Jika Ada

Setelah itu, untuk menjaga sirkulasi udara agar selalu segar dan sinar matahari bisa masuk ke ruangan, bukalah jendela kamar hotel jika memang ada. Cara ini bisa meminimalkan virus-virus yang ada di dalam ruangan.

5. Hindari Penggunaan Fasilitas Umum

Nah, selain wajib menggunakan masker saat touring hotel, sebaiknya kamu menghindari fasilitas hotel yang berpotensi disentuh banyak orang, misalnya ruang gym, ruang spa, bahkan kolam renang. Setidaknya kita waspada agar keluarga yang ikut berlibur lebih aman dan terjaga kesehatannya.

Tips Menginap di Hotel Selama Pandemi

6. Membawa Sarung Tangan Plastik Saat Sarapan

Saat hendak menikmati makan pagi, sebaiknya kamu menyiapkan sarung tangan plastik. Tujuannya? Ya, agar tangan kita tak langsung bersinggungan dengan sendok yang dipegang banyak orang saat hendak mengambil makanan. Namun apabila cara ini dirasa kurang nyaman, sebaiknya kamu meminta pelayanan untuk mengantar makanan ke kamar.


***


Ternyata “me time” di hotel selama pandemi tidaklah sulit didapat, asal kita mau patuh protokol kesehatan. Oh ya, agar liburan lebih menyenangkan, pilihlah hotel murah atau yang budget-nya sesuai kantong, biar tabunganmu tetap aman. Hihihi ...


Semoga tips menginap di hotel selama pandemi agar aman dan nyaman ini memberikan angin segar buat kamu yang ingin melakukan perjalanan. Terus jaga kesehatan ya, dan jangan bosan pake masker :D


Riana Dewie 

 

10 komentar:

  1. keren, makasi kak buat tipsnya, jujur aku belum pernah menginap di hotel selama masa pandemi ini

    BalasHapus
  2. aku tuh sejujurnya pengen staycation mba, karena emang udah kangen banget tapi sayang suami belum kasih lampu hijau

    BalasHapus
  3. Sepakat banget sama tips di atas nih. Aku pun selalu semprot2 dan buka jendela kalau tiba di hotel.. Kl nggak karena kerjaan nggak akan nginep2 di hotel selama pandemi deh :(

    BalasHapus
  4. tipsnya ini berguna banget untuk untuk yang berencana liburan setitik diwaktu pandemi ini.

    BalasHapus
  5. kalau minta kamar dikosongin gitu bisa ya kak? aku baru tau looh, aku belum berani menginap di hotel sejak pandemi soalnya :((

    BalasHapus
  6. sejak awal tahun 2021 dan selama pandemi aku sudah 5 kali menginap di hotel kalau aku pertimbangannya memilih hotel yang mempunyai kualifikasi sudah memenuhi persyaratan kesehatan dan kebersihan dan selama di hotel terutama saat bf atau aktifitas di kolam renang ttp menjaga jarak dan tidak berlama-lama

    BalasHapus
  7. kalau saya baru 3x menginap do hotel saat pandemi. sekali untuk staycation, dua kali untuk pekerjaan. itu saya juga cari hotel yang menerapkan prokes dengan baik dan ketat.

    BalasHapus
  8. Wah gimana caranya mbak request minta kamar yg lama kosong? Kalau hotelnya selalu penuh keknya ini agak susah ya?
    Aku pribadi maju mundur mau staycation, tp pengen sih lebaran nanti, soalnya gak bisa mudik huhu
    TFS tipsnya

    BalasHapus
  9. Setuju nih aku, justru kadang liburan di hotel lebih aman daripada harus ke tempat-tempat umum. Asalkan hotelnya juga ga terlalu ramai ya.

    BalasHapus
  10. Wahh setuju banget buat pilih staycation di tempat yang zona hijau ya mba. Aku tuh baca staycation gini pengen juga bisa staycation mba tapi apalah daya beberapa tempat staycation di daerahku zona orange, jadi pengen tpi planning nantinya deh mba, hehehe

    BalasHapus

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan Halaman