Yuk Dukung Pemerintah Kampanyekan 'Menuju Indonesia Maju'




Hingga tahun ini, sudah banyak program pemerintah yang terealisasi secara perlahan. Nah, peran serta kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) dalam hal ini sangat kuat. Kominfo sendiri bertugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang informasi dan informatika, dimana dalam hal ini membantu presiden menyelenggarakan pemerintahan negara. Pernah menerima SMS dimana isinya adalah reminder untuk  segera registrasi kartu SIM agar terhindar dari pemblokiran? Nah, itu adalah salah satu program pemerintah yang dikampanyekan oleh Kominfo.

Beruntung, pagi ini saya adalah satu dari 75 blogger yang diundang oleh Kominfo DIY untuk untuk berkerjasama membangun masyarakat, menuju Indonesia maju. Sebagai blogger, saya mulai tertarik untuk mengetahui bagaimana sepak terjang Kominfo di beberapa daerah, terutama DIY. Banyak hal yang sudah dilakukan oleh Kominfo DIY dalam pengembangan masyarakat serta melengkapi fasilitas-fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh masyraakat. Sayangnya, sosialisasi kepada masyarakat ternyata kurang sehingga tak banyak yang mengetahui apa saja program-program yang telah, sedang atau yang akan dilakukan.

Beberapa Program Kominfo DIY


Mencoba menyimak acara ini dari pagi hingga siang ini, ada beberapa program menarik yang sudah dilakukan oleh Kominfo DIY, diantaranya adalah membangun Co-working Space yang ramah difabel. Co-working space adalah sebuah ruang yang bisa dimanfaatkan oleh beberapa orang sebagai pemberdayaan potensi diri maupun bersama, baik itu untuk belajar, bekerja, merencanakan program dan sebagainya.

Nah, dalam rangka rencana pembangunan co-working space ini, Kominfo DIY mengadakan acara FGD Komunitas Difabel untuk saling bertukar ide demi terlaksananya pembangunan ini. Banyak hal yang dibahas di sini, diantaranya rencana tentang bagaimana bentuk fisik bangunan, sarana-prasarana serta pemanfaatannya. Diharapkan, tempat ini kelak bisa diimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat, termasuk para penyandang difabel.   

Selain itu, Kominfo DIY juga bekerjasama dengan para blogger lokal dan juga para pembuat konten untuk bisa mensosialisasikan berbagai program pemerintah menuju negara yang lebih maju. Di sini, Kominfo bersama dengan masyarakat dan para blogger untuk meminimalisir menjamurnya hoax dan berusaha untuk selalu menyebarkan konten positif di media sosial.

Ini sejalan dengan acara Kominfo DIY beberapa waktu lalu, yaitu penyelenggaraan Forum Komunikasi Media Sosial. Acara bertema “Media Yang Benar Menjadikan Peran Positif bagi Masyarakat ini menyinggung beberapa beberapa hal penting tentang industri digital, juga hasil kajian industri kreatif digital tahun 2017 di Yogyakarta.  

Menuju Indonesia Maju bersama Kominfo

Dari waktu ke waktu, pemerintah mencoba untuk meningkatkan kualitas segala bidang kehidupan yang lekat dengan masyarakat. Nah, pembangunan ini mengarah pada pengembangan infrasutruktur di beberapa daerah tertinggal, pembangunan sumber daya manusia serta menuju Indonesia maju yang harapannya bisa diwujudkan tahun 2019. Salah satu cara untuk mewujudkan adalah dengan kebijakan pemerataan yang berkeadilan.

Kebijakan ini tentu menyangkut banyak aspek yang akan mendapat perhatian lebih dari pemerintah. Masyarakat menengah ke bawah menjadi prioritas pemerintah, dimana mereka akan diperjuangkan unruk mendapatkan banyak support, baik seacra fisik maupun spiritual. Selain itu, menyangkut aspek ekonomi, pemerintah akan memeratakan harga BBM di Kalimantan dan Papua. Di sana harga BBM sangat tinggi, yaitu bisa mencapai lebih dari Rp. 50.000 per liter, padahal di jawab harga per liter kurang dari Rp. 10.000,-.

Selain itu, pemerintah pun mempersiapkan kompetensi tenaga kerja melalui vokasi sehingga merek akan lebih terampil dengan bidang yang diampunya. Nah, ada pula keprihatinan pemerintah akan dominasi pasar modern akan pasar tradisional. Pemerintah akan bergerak mengatasi ini agar pedagang tradisional tetap bertahan dan dapat bersaing dengan pasar modern yang kini bisa kita temui dimana-mana. Masih banyak lagi  program pemerintah jokowi untuk meningkatkan kehidupan bangsa, dan kita doakan agar semua berjalan dengan lancar.

Perekonomian nasional berasas demokrasi sednag digalakkan pemerintah dalam rangka menuju Indonesia maju. Keadilan sosial juga diperkuat agar agar semakin banyak masyarakat yang sejahtera dan menerima haknya secara merata. Hal yang saat ini sedang diperjuangkan pemerintah adalah mengeluarkan kebijakan berdasarkan apa yang mereka butuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup (equality), bukan sekadar mendapat persamaan berpakuan (equality).

Dengan adanya acara ini, masyarakat dan blogger diharapkan dapat mendukung program pemerintah untuk memajukan Indonesia dengan berbagai hal yang positif. Semoga apa yang diperjuangkan seluruh perangkat pemerintah, tak terkecuali Kominfo, selalu berjalan secara adil, makmur dan mewujudkan kesejahteraan bersama. 

Riana Dewie

sumber:
  • Penjelasan dari Kominfo DIY
  • diskominfo.jogjaprov.go.id




0 komentar:

Post a Comment

Yuuukk, komentar disini :)