Menu

Inilah 10 Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok

 

mengatasi rambut rontok


Rambut adalah mahkota bagi setiap orang, terutama kaum wanita. Rambut yang indah tentunya akan menunjang penampilan dari seseorang, apalagi jika ditata menggunakan hair tools yang baik. Namun, beberapa kondisi ternyata dapat merusak keindahannya, diantaranya adalah kerontokan rambut.

 

Kerontokan rambut dalam dunia medis disebut dengan alopecia. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah perubahan hormon, faktor keturunan, kondisi medis, bagian dari penuaan atau akibat dari pengobatan yang sedang dijalani oleh pengidapnya.

 

Nah, jika kamu mengalami ini, jangan dibiarkan karena kondisi bisa semakin parah. Segera konsultasikan dengan Dokter Spesialis Kulit karena kerontokan rambut di kepala bisa memicu kebotakan.

Kerontokan Rambut yang Normal!


Tahukah kamu bahwa orang akan kehilangan rambut kurang lebih 50-100 helai per harinya? Ya, tapi jangan khawatir, kerontokan rambut ini masih normal karena dalam waktu yang bersamaan akan tumbuh rambut-rambut baru sehingga takkan menyebabkan penipisan pada rambut.

 

Kerontokan rambut biasanya terjadi ketika siklus pertumbuhan rambut dan pelepasan rambut terganggu. Selain itu, rambut rontok juga bisa terjadi ketika folikel rambut mengalami kerusakan dan diganti dengan jaringan skar/luka.

 

Lalu, bagaimana cara mengatasi rambut rontok dengan mudah?

Bahan Alami sebagai Solusi Rambut Rontok Kamu

 

Nah, cara mengatasi kerontokan ternyata bisa dirawat dengan shampo rambut rontok agar rambut kembali sehat dan kuat. Namun disisi lain, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita. Apa saja itu?

 

1. Yoghurt

Yoghurt dapat menutrisi rambut dan menguatkan akarnya karena mengandung kalsium, vitamin D, kalium dan protein. Nah, cara merawat rambut dengan yoghurt ini cukup mudah, yaitu oleskan yoghurt tawar ke seluruh permukaan rambut dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air bersih. Selesai deh!

 

2. Lidah buaya

Lidah buaya cukup populer digunakan untuk merawat rambut. Kandungan vitamin A, D, serta zat besi dan protein di dalamnya ternyata sangat bermanfat untuk menyuburkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

 

3. Bawang dan Madu

Bawang ternyata mengandung tinggi sulfur yang efektif untuk mengurangi kerontokan rambut. Bagaimana cara perawatannya? Cukup mudah, kamu hanya tinggal mencampurkan air perasan bawang dan satu sendok makan madu. Oleskan di kulit kepala dan diamkan selama 2 jam Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal, ya!

 

4. Alpukat

Selain menyehatkan tubuh, ternyata alpukat juga dipercaya dapat menyehatkan rambut karena kandungan protein alaminya. Cara treatment dengan alpukat ini cukup mudah, kamu hanya tinggal menghaluskan satu buah alpukat dan aplikasikan pada rambut serta kulit kepala. Pijat secara perlahan dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

 

5. Daun buah bit

Selain dapat mendetoks kulit kepala, daun buah bit juga mengandung vitamin C dan B6, folat, mangan, betaine, dan kalium yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kamu dapat merawat rambut dengan cara merebus 7 sampai 8 lembar daun bit dan haluskan bersama 5 sampai 6 lembar daun henna sampai bertekstur pasta.  Selanjutkan, aplikasikan campuran ini di kulit kepala dan biarkan selama 15 sampai 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

 

6. Akar licorice

Karena mengandung zat antiinflamasi yang efektif meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala,

akar licorice juga sering dimanfaatkan untuk merawat rambut rontok. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan akar licorice bubuk, ¼ sendok teh kunyit, dan 1 cangkir susu. Lalu oleskan campuran itu ke seluruh rambut dan kulit kepala. Biarkan semalaman dan bilas pada pagi hari.

 

7. Minyak zaitun

Siapa yang suka merawat rambut dengan minyak zaitun? Nah, ternyata minyak ini bermanfaat untuk merawat rambut rontok, loh! Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E, dan K serta zat besi dan kalsium yang dapat mengurangi rambut rontok. Caranya, oleskan minyak zaitun pada kulit kepala dan rambut secara merata dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

 

8. Santan

Selain gurih saat dikonsumsi, ternyata santan juga mengandung zink, vitamin E, vitamin B6, kalium, dan fosfor yang melembutkan dan menguatkan rambut. Kamu tinggal mengoleskan santan ke seluruh permukaan rambut hingga kulit kepala. Diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan shampo serta air bersih.

 

9. Jambu biji

Membuat masker jambu biji? Bisa banget! Untuk membuatnya, kamu tinggal menyiapkan satu buah jambu dan hancurkan dagingnya sampai bertekstur pasta (bisa menggunakan blender). Lalu tambahkan satu putih telur dan aplikasikan campuran itu pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 40 menit dan bilas hingga bersih.

 

10. Teh hijau

Siapa yang suka mengonsumsi teh hijau? Ternyata, teh hijau mengandung epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Caranya, seduh 2 kantong teh hijau dalam secangkir air. Biarkan sampai dingin dan aplikasikan ke seluruh rambut serta kulit kepala. Diamkan selama 60 menit dan bilas dengan air bersih.

 

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan Halaman