Menu

Servis Motor Matic, Inilah 7 Komponen yang Wajib Kamu Perhatikan!

  

Motor matic (pexels.com)

Servis motor matic memang wajib kamu lakukan secara rutin untuk menjaga performa dan keamanan motor. Apalagi motor ini cukup aktif kamu manfaatkan untuk keliling kota setiap harinya. Tentu, ia harus mendapat treatment khusus secara rutin agar mesin tetap awet!


Seperti halnya mobil, motor juga membutuhkan perawatan rutin agar tetap dalam kondisi optimal. Jadi, sangat penting untuk melakukan servis motor matic secara teratur. Lalu, bagaimana langkah merawat motor matic dengan benar? Saat Servis Motor Matic, Inilah 7 Komponen yang Wajib Kamu Perhatikan!


Apa sih Keunggulan Motor Matic?

Ada yang punya motor matic di rumah? Nah, motor matic adalah jenis motor tanpa operan gigi manual ataupun kopling. Jadi, motor jenis ini hanya menggunakan operasi gas, rem, dan juga stang agarmotor bisa berjalan.


Nah, bedanya dengan motor manual apa ya? Jika motor matic menyalurkan tenaga dari mesin ke roda menggunakan CVT atau Continuously Variable Transmission, maka motor manual menggunakan rantai sebagai penggerak roda.


Motor matic memiliki beberapa keunggulan, diantaranya memiliki desain yang lebih ergonomis dan nyaman untuk dikendarai dalam perjalanan jarak jauh. Tak hanya itu, ruang penyimpanannya pun lebih besar sehingga bisa diisi berbagai barang yang akan dibawa dalam perjalanan.


Jadi, jangan sampai kelewatan melakukan servis motor matic agar tetap aman & nyaman!


Manfaat Servis Motor Matic

Pemeriksaan dan perawataan motor matic wajib dilakukan saat jarak tempuhnya mencapai kurang lebih 4000-5000 km. Nah, servis motor matic ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi sang pemilik. Apa saja itu?

1. Aman dan Nyaman

Perawatan motor matic secara teratur akan membuat berkendara lebih aman & nyaman karena mesin berfungsi secara optimal

2. Pengeluaran Lebih Efisien

Perawatan rutin dapat mencegah pemilik motor mengeluarkan uang lebih besar untuk melakukan servis berat akibat jarangnya melakukan perawatan berkala.

3. Umur Kinerja Sepeda Motor Lebih Lama

Mesin motor matic yang dirawat dengan baik akan berdampak apda keawetan mesin.

4. Performa Optimal

Pemeriksaan mesin secara berkala akan mempertahankan performa mesin dan fungsi komponen pendukungnya sehingga dapat memperpanjang usia pakainya.

5. Bahan Bakar Lebih Irit

Dengan terjaganya fungsi kerja masing-masing bagian mesin akan berdampak pada pembakaran yang sempurna, pengunaan bahan bakar juga lebih efisien.

 

Servis Motor Matic Meliputi Apa Saja?

Bagian mana saja sih yang membutuhkan perhatian ekstra ketika kamu melakukan servis rutin? Saat servis Motor Matic, Inilah 7 Komponen yang Wajib Kamu Perhatikan!

1. Mengganti Penyaring Udara

Mengapa penyaring atau filter udara perlu diganti? Ini karena filter udara di motor berfungsi menahan kotoran dan mesin. Nah, jika ada sumbatan karena kotoran, tentu performa mesin akan terganggu. Oleh karenanya, kamu wajib mengganti penyaring ini secara berkala disaat dibutuhkan.

2. Mengganti Cairan Pendingin Mesin

Ternyata motor memiliki cairan pendingin ya? Betul. Fungsinya adalah untuk mencegah mesin terpapar panas serta menjaga suhu mesin tetap ideal. Cairan pendingin bisa diganti setiap jarak  tempuh mencapai 36,000 Km.

3. Melihat Tekanan Ban dan Tapaknya

Tekanan ban yang rendah bisa menyebabkan ban terasa kempes. Sementara itu, tekanan ban yang terlalu tinggi juga menghasilkan pengalaman berkendara yang tidak nyaman. Oleh karenanya, periksa tekanan ban motor kamu sebagai salah satu perawatan motor yang cukup mudah.

4. Mengganti Kampas Rem

Rem adalah sparepart motor yang butuh perhatian khusus karena cukup berpengaruh dalam keselamatan berkendara. Di sisi lain, cara penggunaan motor berdampak pada usia kampas rem yang harus diganti pada saat dibutuhkan.

5. Servis Tune Up Mesin

Tune Up mesin adalah salah satu prosedur perawatan kendaraan yang bertujuan untuk mengembalikan kinerja mesin agar fit kembali. Selain memeriksa tekanan ban dan tapaknya, adakalanya tune up disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart. Biasanya mekanik akan meminta persetujuan dulu ke customer, apakah berkenan diganti ataukah tidak.

6. Penggantian Komponen Lainnya

Sparepart atau komponen pada motor ternyata memiliki usia yang berbeda-beda. Salah satu faktor yang berpengaruh adalah pola berkendara atau cara penggunaan motor. Komponen apa saja yang wajib dilakukan pengecekan berkala?

Diantaranya adalah saringan udara, Busi motor, Crankcase, Kasa Oli mesin, Sistem pendingin, Minyak rem, Rantai roda, Gas tangan, Saluran bahan bakar, Jarak renggang klep, Saringan kasa oli mesin, Stationer, Aki motor matic dll.

7. Mengganti Oli Motor

Oli motor matic (pexels.com)

Mengganti oli motor matic adalah hal penting yang wajib dilakukan saat kamu melakukan perawatan berkala. Pilih oli yang sesuai dengan kebutuhan motor kamu agar mesin tetap berjalan dengan baik.


Apalagi saat ini teknologi makin berkembang, dimana oli yang dipasarkan oleh pabrikan (retailer) otomotif sudah menggunakan teknologi ester. Keunggulannya bahwa mereka berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km atau 2x lebih lama dari oli biasa.


Menjadi kelas oli tertinggi, wajar jika retailer ini mengklaim kualitas olinya bisa 2x lebih lama dari oli biasa. Siapa sih ini? Tentu saja, kamu akan mendapatkan keunggulan ini saat servis motor matic di Planet Ban.  


Kenapa harus Servis Motor Matic di Planet Ban?   

Planet Ban adalah toko ritel modern yang mengkhususkan diri dalam menyediakan suku cadang berkualitas tinggi untuk sepeda motor.


Salah satu keunggulan pelayanan servis di Planet Ban adalah proses pembersihan part mesin yang kembali seperti baru. Beberapa part yang tampak kembali bersih adalah bagian kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, dsb.


Tentu saja, dengan rutin servis motor matic di Planet Ban, mesin motor kamu akan terasa seperti baru lagi dimana tarikannya lebih enteng, lebih hemat BBM, emisi turun lebih dari 70%, bahkan mesin menjadi bersih total.


Harga servis motor matic di Planet Ban ternyata ramah di kantong, loh! Biaya untuk servis motor injeksi berkisar Rp. 20.000,-, servis CVT sekaligus rantainya Rp. 19.500,-, sedangkan servis throttle body hanya Rp.20.000,-


Nah, kalau sudah tahu keunggulannya, jangan lupa rutin lakukan perawatan motor matic kamu di Planet Ban agar mesin tetap awet serta nyaman berkendara. Selamat mencoba :)


 

10 komentar:

  1. Servis di planet ban ini solusi terbaik pas lagi sibuk/tanggal tua, sih. Aku pernah servis di sana, pengerjaannya emang cepet banget, gak pake antre panjang, terjangkau pula biayanya. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, betul banget mas. ini langgananku juga loh 😬😬

      Hapus
  2. Yang saya suka dari matic itu karena punya bagasi yang besar soalnya bisa buat naruh banyak barang. Servis rutin memang perlu banget mbak biar aman dan nyaman saat berkendara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mba. Aku juga seneng dengan motor maticku krn itu. 😍

      Hapus
  3. eh ya ampun murah bgt ya. pas di jogja aku pernh juga k planet ban servisnya, enakeun emang pelayananny juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss mba Ghin. Ya kan, servis rutin di Planet Ban jatuhnya lebih puas gitu 🤗

      Hapus
  4. Plus nya banget Planet Ban ini ada dimana-mana jadi mudah banget ditemukan :) ahh pokoknya udah cinta mati sama planet ban iniiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyes mba. Aku juga heran, tiap kali keluar kota, Panet ban slalu ada. kmrn habis dr Semarang juga aku lihat. hihi

      Hapus
  5. dulu sebelum menikah sering servis motor sendiri jadi tahu bagian mana saja yang wajib di cek bahkan minta diganti, kalo sekarang sih urusan motor serahkan ke pak suami saja, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi iya mba. Biar jadi tugasnya ya, dirimu atand by buat masak wae wkwkwk

      Hapus

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan Halaman