Menu

Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan dan Kecantikan Kamu!

 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat vitamin E untuk kesehatan dan kecantikan kamu mungkin sudah diketahui sejak dulu. Vitamin E merupakan suplemen atau vitamin yang berperan penting melancarkan fungsi organ di dalam tubuh.


Nah, vitamin E ini biasanya dikonsumsi untuk mencegah kekurangan vitamin E atau pun mengobati sakit tertentu. Jadi, vitamin E tambahan diperlukan untuk proses penyembuhan maupun peningkat daya tahan tubuh.


Apa saja sih manfaat vitamin E hingga banyak orang membutuhkannya? Yuk kita kupas satu per satu.

Pentingnya Vitamin E bagi Tubuh

Selain larut dalam lemak, vitamin E juga mengandung antioksidan yang membantu memperbaiki sel kulit yang rusak akibat radikal bebas. Nah, tak heran kan jika vitamin E sering disebut-sebut dapat merawat kecantikan kulit kamu?


Hal yang perlu diketahui bersama, makanan yang mengandung vitamin E ternyata dapat membantu menjaga kesehatan reproduksi, mata, otak hingga kulit, disamping pelindung tubuh dari radikal bebas.


Jika dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek negatif, seperti pusing, diare, nyeri perut, mual, kelelahan dsb. Namun selama dikonsumsi dalam dosis normal, vitamin E takkan menyebabkan efek samping yang berbahaya. Mau tahu manfaat vitamin E yang lainnya?

Inilah 5 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan dan Kecantikan Kamu

Penasaran dong tentang manfaat vitamin E untuk kesehatan dan kecantikan? Berikut beberapa informasinya.

1. Menyehatkan Mata

Apa kamu sering mengalami gangguan mata? Tak dapat dipungkiri, gangguan pada mata seringkali disebabkan karena ketidakseimbangan antara antioksidan dengan radikal bebas di tubuh. Jadi, untuk menyeimbangkan itu, tubuh perlu asupan vitamin E yang lebih agar kesehatan mata terjaga.

2. Penangkal Radikal Bebas

Sebahaya apa sih radikal bebas? Tentu, sangat berbahaya karena dengan cepat merusak sel-sel pada tubuh yang memicu berbagai penyakit kronis, seperti jantung dan kanker. Oleh karenanya, disarankan untuk konsumsi makanan yang mengandung vitamin E agar tubuh lebih sehat.

3. Meningkatkan Fungsi Saraf

Kesehatan fungsi saraf pada tubuh akan meningkat saat vitamin E di tubuh tercukupi. Kok bisa? Iya dong, ini karena vitamin E bekerja menghambat agregasi trombosit pada darah dimana ini sangat berkaitan erat dengan aktivitas saraf dan fungsinya di dalam tubuh.

4. Menyeimbangkan Sistem Hormon

Gejala sistem hormon yang tak seimbang di tubuh dapat diatasi dengan konsumsi vitamin E. Jika kamu saat ini mengalami infeksi saluran kemih, alergi, mudah cemas, sakit perut akibat menstruasi atau mengalami kenaikan berat badan dengan cepat bisa jadi kamu mengalami gangguan sistem hormon.


Jadi, cara mengatasinya adalah memenuhi kebutuhan vitamin E dalam tubuh agar sistem endokrin dan saraf lebih seimbang.

Manfaat vitamin E Menyehatkan janin

5. Menyehatkan Janin

Nah, buat para ibu hamil, kegunaan vitamin adalah untuk menjaga kesehatan janin. Selain berdampak positif pada tahap awal perkembangan saraf dan otak, vitamin E juga berfungsi melindungi asam lemak kritis pada janin. Jadi, ibu bisa lebih lega karena janinnya sehat kan?

Berapa Kebutuhan Harian Vitamin E pada Tubuh?

Lalu, berapa sih kebutuhan vitamin E pada setiap orang? Ternyata tak selalu sama, ini disesuaikan dengan jenis kelamin dan usianya. Dilansir dari WebMD, saya akan informasikan detail kebutuhan vitamin E per harinya:

ANAK

·         Anak usia 1-3 tahun: 6 mg atau 9 IU

·         Anak usia 4-8 tahun: 7 mg atau 10,4 IU

·         Anak usia 9-13 tahun: 11 mg atau 16,4 IU

WANITA

·         Wanita usia 14 tahun ke atas: 15 mg atau 22,4 IU

·         Ibu hamil: 15 mg atau 22,4 IU

·         Ibu menyusui: 19 mg atau 28,5 IU

PRIA

·         Pria usia 14 tahun ke atas: 15 mg atau 22,4 IU

Nah, beberapa sumber menyebutkan bahwa sangat jarang seseorang kekurangan vitamin E. Kondisi ini terjadi hanya pada beberapa kasus tertentu, seperti saat seseorang mengalami abetalipoproteinemia (kondisi yang menghalangi tubuh menyerap jenis lemak tertentu), malabsorpsi lemak, atau pada bayi.


Cara untuk memenuhi vitamin E yang bagus adalah dengan mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung vitamin E. Bisa juga dalam kondisi tertentu konsumsi suplemen tambahan, namun lebih baik jika dalam pantauan dokter agar lebih aman.


Ternyata manfaat vitamin E pada kulit untuk kecantikan maupun fungsinya untuk kesehatan sangat dibutuhkan oleh banyak orang.  

Kegunaan Vitamin E Didapat dari Sumber Makanan ini!

Manafat Vitamin E pada Alpukat

Sumber makanan apa saja sih yang mengandung vitamin E? Ternyata mudah banget ditemukan, loh. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin E secara alami, kamu bisa konsumsi kacang tanah, almond, kedelai, jagung, bibit gandum, daging dan susu.

Gak cuma itu, sayuran berdaun hijau juga direkomendasikan untuk memenuhi vitamin E, seperti daun lobak, sawi, brokoli dan bayam. Buah-buahan segar seperti pepaya, mangga, wortel dan alpukat juga mengandung vitamin E yang cukup tinggi.

Jika ingin mendapat asupan vitamin E dengan lebih praktis, kamu bisa konsumsi suplemen untuk meningkatkan kesehatan. Tapi, belinya dimana ya? Jangan khawatir, kan sekarang toko online sudah banyak, jadi bisa tetap meminimalkan risiko di masa pandemi.

Saya sih biasanya mempercayakan belanja kebutuhan aneka vitamin atau suplemen kesehatan di Natural Farm. Ini adalah toko online yang menyediakan berbagai produk kesehatan dan kecantikan. Berbagai vitamin untuk meningkatkan imunitas hingga menunjang kecantikan, semua bisa dibeli di sini.
Manfaat Vitamin E pada Suplemen

Itulah ulasan tentang manfaat vitamin E untuk kesehatan dan kecantikan kamu. Semoga bermanfaat ya, salam sehat selalu :)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan Halaman