Menu

Inilah 4 Bahan Berbahaya pada Sampo Si Kecil yang Harus Dihindari

bahan berbahaya pada sampo

Bahan berbahaya pada sampo memang menjadi masalah yang tak boleh diabaikan. Sampo memiliki peran penting untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada kulit kepala, tak terkecuali menghilangkan minyak pada rambut. Banyak merk sampo yang beredar di masyarakat saat ini, tapi ingat, tak semua sampo ternyata aman untuk digunakan. Oleh karenanya, cermatlah memilih sampo berkualitas, baik untuk dewasa maupun rambut si kecil.

Jenis Sampo Berdasar Kondisi Rambut

Karena setiap orang memiliki kulit kepala yang tak sama, ada banyak sampo yang direkomendasikan dan bisa dipilih disesuaikan dengan kebutuhan. Misal saja tentang sampo bayi, banyak pilihan merek sampo yang bisa dipilih. Salah satu produk sampo untuk si kecil yang sedang populer adalah Ms Glow Kids Mild Shampoo karena diproduksi dengan bahan berkualitas dan aman.


Intensitas keramas ternyata harus memprtimbangkan banyak hal, diantaranya adalah jenis rambut, yaitu normal, keriting dan berminyak. Tak hanya itu, pemilihan jenis samponya pun harus diperhatikan karena tidak sama.

1. Sampo Rambut Normal

Rambut normal biasanya dimiliki oleh orang-orang yang jarang memanfaatkan bahan kimia untuk rambutnya, misalnya obat pelurus rambut, pewarna atau hair spray, maupun kulit kepala yang menghasilkan minyak dalam tingkat sedang. Kandungan lauryl sulfate biasanya digunakan sebagai deterjen utama untuk sampo dengan jenis rambut ini.

2. Sampo Rambut Kering

Nah, sampo untuk rambut kering biasanya ditujukan untuk rambut yang pernah tersentuh bahan kimia untuk perawatan atau prosedur penataan rambut yang akhirnya membuat rambut menjadi lebih kasar dan kering. Biasanya sampo jenis ini memiliki kadar kelembaban yang baik untuk rambut.

3. Sampo Rambut Berminyak

Jika rambut kamu memproduksi minyak atau sebum yang berlimpah, sangat direkomendasikan menggunakan sampo jenis ini. Kandungan seperti lauryl sulfate atau sulfosuccinate sering dimanfaatkan sebagai pembersih yang efektif untuk rambut berminyak, tentunya tanpa kondisioner.

Bahan Berbahaya Pada Produk Sampo

Diantara beberapa kandungan yang terdapat pada sampo, ternyata jika kita cermati ada beberapa bahan berbahaya yang berpotensi merusak rambut dan kulit kepala. Jika kamu melihat kandungan ini, lebih baik urungkan untuk membeli sampo tersebut, apalagi jika ini untuk si kecil. Apa saja sih bahan berbahaya pada sampo? Berikut ulasannya.

Inilah bahan berbahaya pada sampo

1. Phthalates dan Paraben

Nah, ini merupakan bahan kimia pengawet yang sering digunakan dalam produk sampo. Bahan ini bahkan sering dicirikan dengan aroma yang sangat harum dan menyengat. Oleh karenanya, kamu sebaiknya menghindari kandungan ini karena dari hasil penelitian yang diterbitkan oleh American Academy of Pediatric, bahan ini dinyatakan dapat menimbulkan alergi.

2. Folmadehida

Tak jauh dari Phthalates dan Paraben, bahan ini juga sering ditambahkan sebagai pengawet untuk mencegah timbulnya jamur. Parahnya lagi, kandungan ini sangat berbahaya bagi si kecil karena bisa menimbulkan reaksi alergi, sakit kepala, mual dan masalah pernafasan. Oleh karenanya, kamu sebaiknya lebih berhati-hati dalam memilih produk sampo.

3. 1,4-Dioksana

Beberapa penelitian menemukan kandungan 1,4-Dioksana pada sampo bayi maupun sabun cair. Bahan sampingan kimia ini bisa menimbulkan alergi kulit hingga toksisitas organ. Dengan lebih cermat mengamati label produk, kamu sebaiknya menghindari produk. Kandungan bahan SLS, xynol, oleth dan ceteareth juga menjadi tanda bahwa kandungan ini ada dalam produk sampo.

4. Vitamin A

Vitamin A identik dengan kandungan manfaat yang baik bagi tubuh. Sayangnya, penggunaan vitamin A dalam produk sampo ternyata justru menimbulkan masalah pada kulit kepala. Bahaya bahan ini bahkan sudah dibuktikan oleh studi Program Toksikologi Nasional, yaitu dapat mempercepat perkembangan tumor.


Itulah beberapa bahan berbahaya yang sering ditemukan pada produk sampo, dimana bahan ini seringkali dapat menimbulkan alergi hingga iritasi pada si kecil. Oleh karenanya, para mommy di rumah sebaiknya memilih sampo yang aman, terlebih untuk si kecil yang memiliki organ lebih halus dari orang dewasa.


Nah, rekomendasi terbaik saat ini adalah Ms Glow Kids Mild Shampoo yang tentunya jauh dari kandungan berbahaya yang disebut di atas. Dimana sih cara dapetin sampo berkualitas ini? Order saja di web official Ms Kids atau melalui beberapa reseller MS Glow terdekat yang ada di kota kamu.


Riana Dewie

 


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hi, terimakasih atas kunjungannya. Silakan bertanya atau berdiskusi dengan menulis di kolom komentar.

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan Halaman