Hanya Modal Rp. 5.000-an di Pegadaian, Emas Batangan di Depan Mata

Tabungan Emas Pegadaian - Dok.Pri

Maaf Mas, saya mau tanya. Kira-kira tujuan masyarakat tu untuk apa ya kok pada Buka Tabungan Emas di Pegadaian?”, tanya saya pada seorang teller Pegadaian di cabang Sentul, Yogyakarta. Oh.. sangat bermanfaat mbak. Biasanya tujuan mereka sih buat investasi...”, jawab mas teller dihiasi senyum manisnya sambil menyerahkan buku tabungan emas kepada saya.

Masalah investasi atau menabung, sebenarnya saya sudah memprioritaskan hal ini sejak saya mulai kerja beberapa tahun yang lalu. Entahlah, uang gaji seringkali hanya ‘permisi’ ketika saya sedang gila membeli sesuatu yang sebenarnya bukan menjadi kebutuhan primer. Atas dasar inilah, saya beberapa kali mengikuti program bank dimana uang saya akan terdebet otomatis setiap bulannya dalam jangka waktu tertentu. Pada saatnya ‘memanen’, ada sebuah kepuasan tersendiri karena akhirnya saya bisa mengumpulkan uang untuk tujuan yang lebih bermanfaat.

Tapi, saya rasa itu saja tidak cukup. Karena menurut saya, keuntungan yang saya dapat dari investasi tersebut sangatlah kecil. Apalagi jika tenornya hanya 1 tahun, bunganya tak seberapa. Jadi, saya seakan-akan hanya nitip uang saja namun tak ada feedback yang saya dapatkan. Nah, saat masih dalam kondisi galau, suatu ketika seorang sepupu membahas tentang pilihan investasi yang aman dan menguntungkan. Lalu saya mengemukakan bahwa saya ingin berinvestasi emas. Tapi bagaimana ya, emas kalau sudah saya pakai (misal gelang, kalung, cincin dst) kan nilainya akan menurun. Kalau dijual pastinya harganya anjlok karena saya pun sudah sering mengalami ini. “Ehhh... bukan emas itu mbak. Sekarang kan jamannya kita investasi emas batangan”, jelas sepupu saya.

Nah, saya pribadi semakin kaget dengar penjelasannya. Secara fulgar saya mengernyitkan dahi dan lempar tampang tak percaya, apa iya saya mampu investasi emas batangan. Hadeuhhh.. Emas batang kan gede-gede gitu. Beratnya pun bukan cuma gram lagi, tapi kilogram. Yang benar saja. Mendengar debatan saya, dia pun tertawa. Tak mau kalah, dia pun menjelaskan panjang lebar hingga akhirnya mengatakan, “Mbak sekarang ke Pegadaian sana. Buka Tabungan Emas, modalnya Rp.5.000,- doang. Masih alasan gak punya modal?” Ha..ha..ha saya tertawa dalam hati. Oalah, ternyata investasi emas tak serumit yang saya bayangkan. Ternyata saya bisa nabung emas mulai dari 0,01 gram atau setara dengan uang sejumlah Rp. 5 ribu-an di Pegadaian. Ahay... :D

Saat Saya Konfirmasi ke Petugas Pegadaian untuk Mendaftar Tabungan Emas - Dok, Pri


MANFAAT TABUNGAN EMAS PEGADAIAN

Seakan Tuhan memudahkan rencana ini, beberapa waktu yang lalu saya juga berkesempatan mengikuti acara Seminar & Workshop Excite Indonesia Roadblog 10 Cities di Hotel Neo, Yogyakarta. Nah, kebetulan salah satu pengisi acaranya adalah Tim Pegadaian Jogja yang memberikan sosialisasi tentang Tabungan Emas. Wow, saya takjub dengan rentetan manfaat yang akan saya dapatkan jika membuka Tabungan Emas di Pegadaian. Saya jadi ingat penjelasan sepupu saya tadi, apa yang dijelaskannya memang benar. Pegadaian memang membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan program Tabungan Emas. Saya sih percaya saja, kan Pegadaian miliknya Pemerintah. Jadi semua dijamin aman dan transparan. 

Mau tahu kelebihan investasi ini? Yuk biar gak pada penasaran, saya akan informasikan beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika membuka Tabungan Emas di Pegadaian : 

1. Tabungan Emas Pegadaian tak kenal Inflasi
Ah, memang betul pernyataan ini. Selama ini kan harga emas memang tak terpengaruh dengan kondisi uang kertas ataupun logam. Disaat yang lain nilainya turun, dengan percaya diri harga emas justru melambung tinggi... tinggi dan makin tinggi. Nah, sudah terbayang bagaimana keuntungan saya besok. Jika rajin menabung emas, saya bisa dapat emasnya lebih cepat dan lebih berat tentunya. Hihihi...

2. Hanya Modal Rp. 5.000 an, Emas Batangan di Genggaman
Kemudahan inilah yang membuat saya langsung jatuh hati dengan Tabungan Emas di Pegadaian. Saya bisa menabung mulai dari 0,01 gram atau sekitar Rp. 5.580,- (pada Juni 2016). Mana ada tempat lain yang memberikan fasilitas semudah ini. Apalagi saat ini kondisi perekonomian sedang sulit, apa-apa serba mahal. Jadi, Pegadaian sebenarnya sudah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membuka kesempatan untuk mengikuti program Tabungan Emas yang super murah ini. Gakda alasan lagi kan kalau beli emas batangan itu mahal? Hihihi....

3.  Proses Pencairan Cepat, baik dalam bentuk Emas Batangan ataupun Uang
Ini kabar gembira lagi bagi Anda yang sudah memiliki Tabungan Emas di Pegadaian. Jika  tabungan Anda sudah mencapai nominal minimal senilai 5 gram emas, silahkan ambil emas batangan Anda di cabang Pegadaian tempat Anda membuka tabungan ini. Tapi jika Anda ingin tetap melanjutkan nabungnya, bisa lho. Pegadaian kan menyediakan emas batangan dalam berbagai pilihan keping, yaitu 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram dan 100 gram. Tuh banyak pilihannya, yuk sesuaikan investasi  yang sesuai dengan kebutuhan dan mimpi Anda . Oh ya, hebatnya lagi, sekali pun uang tabungan kita ini ditujukan untuk ‘memanen’ emas, tapi kita bisa mencairkan juga lho dalam bentuk uang rupiah.

4. Cadangan Uang Saat Darurat
Di masa depan, Pegadaian akan meningkatkan sistemnya yang lebih memudahkan nasabah dalam pencairan dalam bentuk uang. Ini adalah keuntungan lain yang akan membantu Anda dalam kondisi darurat. Sering terpikir betapa mahalnya membiayai sekolah anak? Bagaimana jika ada anggota keluarga sakit tapi Anda sedang tak punya uang? Perpanjangan bangunan untuk usaha sering membuat stress karena makin mahal harganya? Ah, atasi saja dengan Tabungan Emas Pegadaian. Makanya, segera ikut program ini. Dalam kondisi darurat, silahkan ambil investasi emas Anda dan jual. Dijamin deh cepat laku karena kekuatan emas gakda matinya dalam perekonomian. Jika Anda tak punya pembeli, jual saja ke Pegadaian. Semua beres kan?

5. Tidak Ada Potongan Uang Bulanan
Saya kemarin sempat tanya dengan mas Teller di Pegadaian. Awalnya saya berpikir bahwa menabung emas di Pegadaian berisiko pula memotong uang tabungan kita untuk biaya administrasi per bulan seperti di bank. Eh, ternyata dugaan saya salah. “Tidak ada potongan apapun per bulan. Mbak hanya cukup mengeluarkan biaya administrasi Rp. 5.000,- dan biaya fasilitas titipan 12 bulan sebesar Rp. 30.000,- di awal. Setelah itu, takkan ada biaya potongan lainnya hingga 1 tahun ke depan", mas Teller menjelaskan. Tentu saja, ini sangat meringankan beban para nasabah Pegadaian yang ingin investasinya meningkat dari waktu ke waktu. 

Tabungan Emas Pegadaian - SUMBER
6. Bersertifikat PT. Antam, Diakui Secara Internasional
Saat mencairkan emas batangan Anda di Pegadaian, Anda akan mendapat emas bersertifikat PT. Antam yang sudah terjamin kualitasnya serta telah diakui secara internasional. Emas ini juga telah diperdagangkan dengan sertifikat resmi di pasar dunia lho. Jadi tak perlu khawatir, Pegadaian sudah menyiapkan semua kebutuhan Anda secara maksimal dan menguntungkan nasabah tentunya. 

7.  Dilayani di Seluruh Kantor Cabang Pegadaian di Indonesia
Kemudahan pelayanan ini sengaja diprioritaskan bagi Anda yang serius ingin berinvestasi emas dengan mudah dan cepat. Pegadaian melayani pembukaan Tabungan Emas di seluruh cabangnya di Indonesia. Anda pun tak perlu bingung jika ingin menabung saat posisi tak ada di kota sendiri. Dimanapun berada, Anda bisa dilayani dengan cepat dan memuaskan. Kecuali jika ingin ‘menjemput’ emas batangan, Anda bisa datang ke kantor Pegadaian dimana Tabungan Emas ini dibuka.

8. Tabungan Emas Pegadaian Membantu Meningkatkan Pemasukan Negara
Saat saya membuka tabungan emas, keuntungan yang saya dapat per bulannya tak terikat dengan bunga. Jadi, kondisi ini selain menguntungkan saya pribadi juga menguntungkan bagi negara lho. Saat jumlah emas meningkat, negara kita akan semakin kaya. Tapi coba bayangkan jika jumlah uang yang beredar meningkat, tentu harga-harga produk justru makin mahal. Akhirnya, masyarakat juga yang rugi kan? So, mari lebih bijak dalam memilih investasi. Menurut saya, Pegadaian adalah pilihan terbaik bagi investasi saya saat ini J


BAGAIMANA SIH CARA BUKA TABUNGAN EMAS DI PEGADAIAN?

Anda sudah mulai tertarik untuk membuka Tabungan Emas di Pegadaian? Tunggu apalagi, bagi Anda yang punya cita-cita ingin punya emas batangan, yuk segera ikuti program Tabungan Emas karena sangat banyak keuntungannya. Apakah ada kerugiannya? Jangan khawatir, tidak ada sama sekali.   
Nah, biar tidak penasaran, ini lho pengalaman mudah saya saat membuka Tabungan Emas di Pegadaian :

1. Buka rekening Tabungan Emas di kantor cabang Pegadaian terdekat dengan tempat Anda berdomisili. Silahkan informasikan identitas diri yang masih berlaku, bisa dengan KTP ataupun SIM.

2. Petugas akan menyodorkan formulir untuk Anda isi secara lengkap. Silahkan mengikuti petunjuk.

Saat Saya Mengisi Formulir untuk membuka Tabungan Emas di Pegadaian - Dok.Pri
3. Anda diminta untuk menabung di awal dengan nominal bebas. Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk membayar biaya administrasi Rp. 5.000,- dan biaya titipan Rp. 30.000. Kebetulan punya saya kemarin langsung terpotong dari tabungan saya yang pertama.

Setoran Awal Tabungan Emas, Kebetulan Saya Nabung Rp. 50.000,- (Dok.Pri)
4. Karena saya membuka Tabungan Emas di kantor cabang Pegadaian (bukan di kantor pusat), buku tabungan tak bisa langsung jadi. Jadi, saya mengambilnya dua hari setelahnya.

5. Buku Tabungan Emas sudah jadi. Silahkan rutin menabung karena emas batangan sudah ada di depan mata.
Buku Tabungan Emas Sudah jadi (Dok.Pri)
Demikianlah pengalaman unik saya saat membuka Tabungan Emas di Pegadaian. Semua terasa sangat mudah, cepat dan praktis. Bagaimana dengan Anda, berencana untuk investasi emas juga? Yuk buruan investasi uang Anda untuk Tabungan Emas daripada uang Anda habis untuk kebutuhan yang tak jelas arahnya, seperti pengalaman saya yang lalu, hehehe... Jangan ragu, inilah investasi paling tepat dan aman yang dapat menjamin kehidupan Anda dan keluarga di masa mendatang.

***
Oh ya, ini ada informasi tambahan yang akan membuat Anda semakin jatuh hati dengan Pegadaian. Sudah tahu tentang Sahabat Pegadaian Belum? Nah, inilah inovasi digital dari Pegadaian yang akan semakin mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi tanpa harus datang ke kantor Pegadaian. Wow, bagaimana cara memanfaatkannya? Sangat mudah, yaitu :

Aplikasi Sahabat Pegadaian - SUMBER

1. Bagi Anda yang sudah pernah melakukan gadai atau kredit di Pegadaian, Anda akan menerima Surat Bukti Kredit. Nah, perhatikan nomor Customer Information File (CIF) yang tertulis di bagian kiri atas. Kebetulan saya juga memiliki Surat Bukti Gadai dengan nomor CIF : 1007340219.

Surat Bukti Kredit di Pegadaian atas nama saya (Dok.Pri)
2. Unduh aplikasi Sahabat Pegadaian di App Store atau Play Store pada smartphone Anda.
3. Untuk aktivasi, Anda tinggal memasukkan nomor CIF tadi beserta nomor HP.
4. Masukkan data berupa : nomor KTP, nama lengkap, no HP dan alamat email.
5. Selamat, aplikasi Sahabat Pegadaian siap digunakan.

Yuk, buruan pasang aplikasi Sahabat Pegadaian ini di smartphone Anda untuk merasakan benefit yang mempermudah transaksi Anda. Oh ya, ada yang menarik lagi nih. Anda berkesempatan mendapatkan hadiah menarik lho jika sukses mengajak keluarga, sahabat atau semua orang yang Anda kenal untuk menjadi Nasabah Pegadaian. Dengan branding baru ini, Pegadaian ingin semakin dekat dengan masyarakat, bukan hanya sebagai tempat untuk mendapatkan uang, namun juga sebagai tempat untuk menabung dan berinvestasi yang tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan bangsa di masa yang akan datang. Nah, sudah terbukti kan kalau Pegadaian memang sahabat masyarakat?  

Harapan saya semoga Pegadaian selalu jaya dan gencar berinovasi untuk semakin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat J

Thank, Riana Dewie :) 



Sumber Referensi :
  • www.pegadaian.co.id
  • sahabatpegadaian.com
  • Pengalaman Pribadi Membuka Tabungan Emas di Pegadaian Yogyakarta


1 comment:

  1. FBS IndonesiaBroker Terbaik – Dapatkan Banyak Kelebihan Trading Bersama FBS,bergabung sekarang juga dengan kami
    trading forex fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Kelebihan Broker Forex FBS
    1. FBS MEMBERIKAN BONUS DEPOSIT HINGGA 100% SETIAP DEPOSIT ANDA
    2. SPREAD DIMULAI DARI 0 Dan
    3. DEPOSIT DAN PENARIKAN DANA MELALUI BANK LOKAL Indonesia dan banyak lagi yang lainya

    Buka akun anda di fbsindonesia.co.id
    -----------------
    Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
    Tlp : 085364558922
    BBM : FBSID007

    ReplyDelete

Yuuukk, komentar disini :)