Yuk Incip Salju Rumput Laut, Sajian Pendamping Bawal Warna-Warni


Kekayaan laut, salah satu Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia yang memiliki banyak potensi, baik untuk peningkatan ekonomi maupun memperbaiki kesehatan masyarakatnya. Diantara kita pasti sudah banyak yang memahami bahwa 70% dari total keseluruhan wilayah Indonesia didominasi oleh laut. Itu artinya apa? Tentu saja, kekayaan hayati negara kita melimpah ruah. Ibarat kata, harta karunnya Indonesia itu adalah kekayaan yang berasal dari laut. Daaannn, hasil laut yang hingga hari ini masih menjadi primadona masyarakat adalah ikan. Di laut kita, ada ribuan lho variasinya. Wow...

Kabar bahagia yang harus disyukuri bersama adalah jumlah potensi produksi perikanan di Indonesia meningkat dari tahun ke tahun. Produksi ikan yang sangat melimpah ini biasanya diolah dalam berbagai rupa dan rasa untuk dapat dikonsumsi oleh masyarakat. Pengolahan hasil laut secara tradisional agar ikan lebih awet biasanya dilakukan dengan berbagai cara, seperti pengasapan, pengasinan, pemindangan atau fermentasi.

Nah, jika Anda hobi mengkonsumsi olahan hasil laut, sebaiknya Anda harus pandai melakukan Jelajah Gizi yang terkandung didalamnya. Walaupun ikan tergolong sebagai bahan makanan sehat dan rendah kalori namun Anda harus tahu seberapa besar kandungan gizinya dan apakah setelah diolah, gizinya masih utuh? Nah, ini memang harus diperhatikan. Tentunya Anda mengolah ikan untuk menyediakan sajian istimewa bagi keluarga tercinta kan? Masak sih cara ngolahnya mau sembarangan... hehe...

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih jenis ikan yang sesuai dengan menu masakan dan tentunya memiliki kandungan gizi yang tinggi. Secara fisik, Anda bisa memilih ikan dari warnanya, teksturnya, aromanya, beratnya dan berbagai faktor lainnya.


HASIL OLAHAN LAUT YANG MENYEHATKAN

Kali ini saya akan membahas tentang pengolahan hasil laut yang biasa saya hidangkan untuk keluarga tercinta di rumah. Makin semangat masak ketika ikannya saya dapat dari tetangga yang suka memancing, dijamin masih segar. Hehehe... Nah, menu yang akan saya pamerkan ini sesungguhnya adalah dua hasil kekayaan hayati yang sudah diketahui oleh banyak orang, yaitu ikan bawal sebagai bahan makanan dan rumput laut sebagai bahan minuman sehatnya. Ya, itung-itung berbagi tips meningkatkan Nutrisi Untuk Bangsa, dari hasil laut tentunya :)

Mau tahu apa saja sih kandungan gizi dari dua hasil laut ini? Hasil olahannya seperti apa ya? Yuk ikut saya masak, ntar incip boleh deh. Hehe...

1. Menu Makanan Sehat: Ikan Bawal

Dagingnya tebal dan rasanya gurih banget, itulah karakteristik bawal. Harganya gimana? Pastinya lebih murah dibanding ikan atau daging-daging lainnya. Hehe naluri emak-emak banget ya :D Sejarahnya, ikan bawal ini dulunya banyak ditemukan di lautan Hindia, Afrika, Jepang dan Malaysia. Di dasar laut, bawal sering ditemukan jalan bareng ma udang lho. Idih, kayak anak muda lagi pacaran...hihihi...

Apa saja kandungan gizi IKAN BAWAL?

Ikan bawal sendiri ada yang hidup di air laut dan ada pula yang hidup di air tawar. Ikan bawal yang hidup di air laut biasanya memiliki bobot yang lebih besar dengan daging yang lebih tebal daripada bawal air tawar. Ikan yang memiliki bentuk mirip ikan piranha ini memiliki kandungan gizi yang luar biasa. Hasil penelitian menyebutkan bahwa ikan bawal memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi, yaitu 2,56 gram di setiap 100 gram daging bawal segar. Oleh karenanya, kita sangat beruntung jika sering mengkonsumsinya karena Omega 3 ini adalah nutrisi yang sangat penting namun tubuh tidak bisa memproduksinya.

Agar lebih paham, berikut adalah segudang zat gizi pada ikan bawal yang harus Anda tahu :  
Nah, karena mengandung zat gizi yang dibutuhkan tubuh, maka ikan bawal ini pastinya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Berikut informasinya :
  1. Membantu Program Diet - Kok bisa bantu diet? Iya dong, coba deh lihat tabel di atas, karbohidratnya nol kan? Dah gitu, kandungan kalorinya juga dikit banget. Nah, tentu ini sangat membantu Anda saat program diet. Jadi, jika Anda makan ikan bawal dalam jumlah banyak pun gak bakal bikin gendut. Hehe...
  2. Terhindar dari Virus Flu - Ikan bawal ini ternyata juga mengandung kalsitriol pada vitamin D yang berfungsi untuk sistem immune modulator. Nah, ini cocok sekali untuk melindungi tubuh Anda dari demam, batuk, sakit kepala maupun flu.
  3. Mempercepat Pertumbuhan Otak Anak - Tahukah Anda, ikan bawal ini mengandung DHA dan EPA yang fungsinya untuk menstimulasi otak agar berkembang maksimal sehingga membantu meningkatkan kecerdasan anak.
  4. Menyembuhkan Anemia - Kandungan zat besi pada ikan bawal ternyata dapat membantu perombakan dan pembentukan hemoglobin (hb) di tubuh. Hb inilah yang mempengaruhi kerja sel darah merah dan tentunya mempercepat penyembuhan anemia. 
  5. Mencegah Penyakit Jantung - Ikan bawal juga sangat berjasa buat jantung karena kandungan omega 3-nya dapat mencegah penempelan bercak pada pembuluh darah, penyebab penyakit jantung. Sayangi jantung Anda dengan mengkonsumsi ikan ini. 
  6. Mencegah Penyakit Stroke - Selain mencegah sakit jantung, kandungan omega 3 ikan bawal juga dapat menurunkan emulsi stroke 21% dan menurunkan keparahan stroke 50%. Disarankan untuk mengkonsumsi ikan bawal dua sampai empat porsi sehari untuk menghindari stroke.
  7. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker - Yuk sering-sering makan ikan bawal karena kandungan gizinya dipercaya dapat mencegah penggandaan sel kanker di dalam tubuh. 
  8. Menurunkan Kadar Kolesterol - Lagi-lagi asam lemak omega 3 naik panggung. Nutrisi ini ternyata dapat mengikat kolesterol yang berfungsi mencegah penumpukan lemak jahat di tubuh. Dijamin deh, makan bawal tiap hari takkan membuat tubuh Anda berat. Hehe...
  9. Mencegah Depresi - Kekurangan asam lemak omega 3 di tubuh ternyata dapat memicu depresi lho. Dengan mengkonsumsi ikan bawal yang mengandung banyak omega 3, Anda akan terhindar dari depresi sehingga lebih tenang dan bahagia. 
Dan berbagai manfaat lainnya.  

Setelah tahu zat gizi ikan bawal, yuk langsung saja kita mengolah ikan bawal ini jadi sajian kuliner yang maknyuzz. Ini adalah olahan makanan sehat karena tidak menggunakan minyak goreng dan MSG. Sehat dan ringan di lidah, inilah menu spesial dari saya, BAWAL WARNA-WARNI. 

Kreasi Pengolahan Hasil Laut : BAWAL WARNA-WARNI

BAHAN & BUMBU (takaran sesuai selera/secukupnya) :
·         Ikan bawal
·         Cabe Rawit
·         Tomat
·         Bawang Merah  
·         Bawang Putih
·         Asam Jawa
·         Jeruk Nipis
·         Garam
·         Gula Pasir
·         Air Secukupnya


CARA MEMASAK :

1. Bersihkan ikan bawal (termasuk bagian dalam dan sisiknya). Lalu usapi dengan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis.


2. Masukkan ikan dalam wajan atau tempat pengolahan. Jangan lupa sayat badan ikan agar bumbu meresap & matang merata.

3. Lumuri ikan dengan bawang merah & bawang putih yang telah diiris tipis, cabe rawit utuh, irisan tomat, asam Jawa, garam dan gula pasir secukupnya. Diamkan 10 menit lalu hidupkan kompor.  


4. Tambahkan sedikit air, panaskan Ikan bawal selama kurang lebih 10-20 menit (tergantung banyak air) dan jangan lupa dibalik agar kedua sisi matang serta bumbunya meresap.


5. Angkat dan nikmati sensasi lezatnya BAWAL WARNA WARNI.


Sekali lagi, ini adalah olahan ikan yang menyehatkan karena menghasilkan rasa yang sangat menggoyang lidah walaupun tanpa minyak goreng dan MSG. Sebaiknya hindari mengolah ikan dengan cara digoreng atau dibakar karena nutrisinya akan hilang. So, ikan sehat harus diolah dengan cara yang sehat juga kan? Tentu, ini adalah salah satu cara saya untuk melakukan Jelajah Gizi untuk memastikan bahwa nutrisi ikan bawal yang saya olah ini dapat diserap oleh tubuh. Bagaimana, Anda siap mencoba sekarang? :) 

2. Menu Minuman Sehat: Rumput Laut

Anda sudah pernah mengkonsumsi rumput laut? Bahan makanan lentur yang merupakan jenis tumbuhan algae ini kini mudah ditemukan dan telah diolah menjadi aneka ragam makanan yang siap untuk dinikmati. Tapi awas, beberapa jenis rumput laut ada yang tak bisa dikonsumsi karena beracun, jadi kita harus hati-hati memilihnya. Ganggang biru (cyanophyceae), ganggang hijau (chlorophyceae), ganggang merah (rodophyceae) atau ganggang coklat (phaeophyceae) adalah jenis rumput laut yang aman untuk dikonsumsi.

Bentuk rumput laut ternyata beragam, ada yang berbentuk cabang, tabung maupun bulat. Tanaman ini sangat unik, karena walaupun tak memiliki daun, rumput laut ternyata juga memiliki klorofil atau pigmen warna yang lain. Di Indonesia sendiri, sudah banyak petani rumput laut di pesisir pantai yang kerja utamanya adalah membudidayakan rumput laut dan menjual hasil panennya ke pasar. Hasil laut yang sehat ini dapat diolah menjadi aneka makanan dan minuman yang nikmat, seperti agar-agar, puding, mie rumput laut, snack rumput laut, es rumput laut dan sebagainya.

Apa saja kandungan gizi RUMPUT LAUT?

Sebelum menikmati rumput laut, gak ada salahnya untuk mengetahui zat gizi yang terkandung didalamnya. Berikut tabelnya :
Wow, melihat deretan gizi yang panjangnya hampir sama kayak rel kereta ini, kita bisa menyimpulkan bahwa rumput laut memang sangat bagus untuk dikonsumsi. Lalu, manfaat rumput laut itu untuk apa saja sih? Jangan bilang hanya nikmat kalau dicampur sama es buah lho ya.. hehe... Biar gak penasaran, di bawah ini adalah beberapa manfaat rumput laut untuk kesehatan Anda : 
  1. Sebagai Detoksifikasi Tubuh - Rumput laut memang sangat berjasa bagi tubuh. Ia dapat mengubah racun menjadi garam sederhana yang baik untuk tubuh serta membantu detoksifikasi tubuh karena kandungan klorofilnya. 
  2. Membantu Mengatasi Hipertensi - Tahukah Anda, butiran-butiran ekstrak rumput laut ternyata dapat menggantikan garam. Tentu, bagi penderita hipertensi, konsumsi rumput laut dapat menstabilkan tekanan darah.
  3. Mempercepat Penyembuhan Luka - Tak hanya buah-buahan, rumput lautpun ternyata mengandung vitamin C lho yang sangat berperan penting pada proses penyembuhan luka. 
  4. Menjauhkan Tubuh dari Alergi - Anda sering alergi saat kondisi alam berubah atau terpapar kotoran udara? Jangan khawatir, rumput laut dapat mencegah pelepasan histamin sehingga menghindarkan Anda dari berbagai alergi seperti mata berair ataupun hidung tersumbat. 
  5. Membuat Kulit Lebih Cantik - Bagi wanita yang ingin tampil cantik, yuk banyak konsumsi rumput laut karena makanan ini mengandung vitamin E dan vitamin C yang membuat kulit lebih cerah, lembut dan anti kerut.
  6. Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol - Bagi Anda penderita diabetes atau kolesterol tinggi, konsumsi rumput laut dapat membantu menyembuhkan penyakit Anda karena saat masuk ke tubuh, makanan ini akan berubah menjadi gel yang mencegah tubuh melakukan penyerapan gula dan kolesterol secara berlebih. 
  7. Menguatkan Tulang dan Gigi - Tahu gak kalau kandungan kalsium pada rumput laut sangatlah tinggi? Tentu ini sangat menyehatkan karena membantu pertumbuhan tulang dan gigi, menguatkan kuku dan rambut serta mencegah pengeroposan tulang. 
  8. Melancarkan Metabolisme Tubuh - Rumput laut yang mengandung yodium ternyata dapat membantu melancarkan metabolisme tubuh serta mensintesis hormon yang dihasilkan kelenjar tiroid. Hasilnya, sistem tubuh akan bekerja secara seimbang. 
  9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh - Jika Anda ingin meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh, silahkan sering-sering konsumsi rumput laut karena ia mengandung vitamin C yang berperan penting dalam proses pembentukan sel-sel darah putih. 
Dan masih banyak manfaat lainnya. 

Nah, sudah terbayang kan betapa rumput laut sangat menyehatkan tubuh kita? Biasanya Anda konsumsi rumput laut dalam bentuk apa? Bagi Anda yang masih bingung mengolahnya, saya punya resep istimewa yang akan mengemas hasil laut ini lebih manis, baik dari segi penyajian maupun rasanya. Hehe... Olahan favorit ini saya jamin bakal membuat lidah Anda ketagihan :D Yuk incip yang manis-manis dari saya, SALJU RUMPUT LAUT.

Kreasi Pengolahan Hasil Laut : SALJU RUMPUT LAUT

BAHAN  (takaran sesuai selera/secukupnya) :
·         Rumput Laut (biar mudah cari yang siap konsumsi)
·         Biji Selasih
·         Susu Kental Manis
·         Sirup Coco Pandan
·         Gula Pasir
·         Air Secukupnya


CARA MEMBUAT :
  1. Rumput laut yang sudah bersih/siap konsumsi silahkan dihaluskan dengan blender bersama gula pasir dan air secukupnya. Usahakan jangan terlalu halus karena rumput laut lebih enak dikonsumsi jika masih dalam tekstur butiran yang kasar.
  2. Setelah diblender, tuangkan hasilnya ke dalam gelas. Lalu tambahkan susu kental manis, sirup coco pandan dan air matang (jika diperlukan) sesuai selera masing-masing.
  3. Tambahkan es batu (bisa berbentuk potongan kecil ataupun diblender agar halus) untuk menambah sensasi segar. Jika tak suka dingin, tak perlu menambahkan es batu.
  4. Nikmati SALJU RUMPUT LAUT yang pastinya suegerrrrr :D 

Sudah lihat kan betapa rumput laut bisa dinikmati dalam berbagai bentuk, rasa dan warna? Yuk hidup sehat dengan banyak konsumsi rumput laut :)

***
Nah, asyik banget ya berkreasi dalam mengolah berbagai hasil laut. Namanya juga kita tinggal di negara maritim, kalau gak pandai mengolah hasil lautnya, rugi dong. Hehe... Ya, itung-itung ikut melancarkan program pemerintah tentang aktivitas perekonomian yang berasal dari laut. Baru-baru ini kan presiden Jokowi menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7/Tahun 2016 tentang Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional. Inpres yang berlaku sejak 22 Agustus 2016 ini mencakup banyak kebijakan, diantaranya budidaya dan pengolahan ikan, pengembangan perikanan tangkap, ekspor hasil perikanan dsb.


Ngomongin masalah laut, saya jadi teringat tentang suatu daerah di Indonesia yang memiliki kekayaan laut berlimpah, yaitu Sulawesi Utara yang berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik. Inilah alasan kuat mengapa Sarihusada mengadakan acara Jelajah Gizi Minahasa, dimana Minahasa adalah salah satu kabupaten di Sulawesi Utara yang memiliki prospek besar dalam perikanan. Tak hanya menghasilkan berbagai variasi ikan, kawasan ini juga ditunjang dengan ekosistem laut yang luas serta dipercantik dengan mangrove, terumbu karang dan usaha perlindungan biota lautnya.


Sarihusada sendiri merupakan perusahaan nutrisi berstandar internasional yang tersebar di beberapa negara di dunia dengan lebih dari 100 tahun pengalaman menyediakan nutrisi terbaik bagi anak dan ibu hamil. Saya pikir cocok banget ya, Sarihusada memotori acara Jelajah Gizi Minahasa ini. Kali aja setelah ini kita jadi tahu hasil olahan laut yang cocok dan disukai anak-anak sehingga dapat meningkatkan nafsu makan mereka. Ibu-ibu pada girang nih. Hihihi.. 

Tak hanya itu, Sarihusada tentu ingin mengeksplor kekayaan kehidupan yang lebih luas di Minahasa. Selain mengajak kita untuk mengenal budaya masyarakatnya dan kehidupan sekitar pesisir, kita juga dapat mengenal hasil lautnya, mencicip kulinernya yang maknyuzz serta mengenal berbagai zat gizi yang terkandung didalamnya. Terbukti deh, Sarihusada sangat mendukung program pemerintah di bidang kesehatan karena setiap waktu selalu berpartisipasi melakukan penelitian tentang perkembangan hidup masyarakat serta penyediaan Nutrisi Untuk Bangsa demi Indonesia yang lebih Sehat.


Ternyata ada banyak cara untuk menikmati kekayaan laut yang sudah dianugerahkan Tuhan untuk Indonesia tercinta. Boleh dimanfaatkan asal dengan cara yang positif ya, jangan merusak potensi kekayaan hayati kita. Sudah ah, saya mau incip-incip dulu bawal warna-warninya, keburu dingin :D


Riana Dewie

3 comments:

  1. Aku suka banget makan rumput laut kalo udah jadi olahan es campur, slruup haha. Ikan bawal jarang makan, tapi aku omnivora haha, ikan apa aja (selagi gak aneh-aneh) pasti aku makan :D

    Btw, goodluck for us :)

    omnduut.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah wah sama lah ma aq ya om nduuut :D asal seger n sehat, sambet ajahhh :D

      Delete
  2. membantu sekali gan thanks
    http://obattipes.xyz/

    ReplyDelete

Yuuukk, komentar disini :)